10 Manfaat Alami Spirulina Selain Untuk Masker Wajah

10 Manfaat Alami Spirulina Selain Untuk Masker Wajah

posted in: Info Kesehatan | 0

Siapa sih yang tak mengenal manfaat masker spirulina yang dapat mengencangkan dan mencerahkan kulit ?

Ya, spirulina selama ini memang lebih identik dengan kecantikan terutama dalam produk-produk masker wajah.

Tapi, apakah spirulina hanya bermanfaat sebatas untuk perawatan kulit saja ?

Jawabannya adalah tidak.

Faktanya masih banyak yang belum mengetahui manfaat lain dari spirulina yang juga di sebut WHO sebagai makanan terbaik abad 21 ini.

Baiklah, dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang manfaat lain spirulina untuk kesehatan secara umum.

Tapi sebelumnya akan kita bahas dulu sedikit mengenai Spirulina dan juga kandungan gizinya.

Spirulina merupakan sejenis ganggang yang dapat hidup di air asin maupun tawar dan berwarna hijau kebiruan. Warna hijau ini berasal dari zat Phycocianin, komponen antioksidan utama pada spirulina.

Spirulina disebut-sebut sebagai “makanan super” karena memang kandungan gizinya yang sangat lengkap sehingga dapat menjadi alternatif pelengkap kebutuhan nutrisi tubuh.

Spirulina kering mengandung 60% protein, asam lemak, mineral dan vitamin yang cukup lengkap termasuk vitamin  B1, B2, B3, B6, B9, A, C, E, dan K.

Dengan kelengkapan kandungannya pula lah spirulina juga mungkin dapat berguna untuk penanganan berbagai kondisi kesehatan, diantaranya :

1. Membersihkan Tubuh dari Logam Berbahaya

Tubuh kita dapat terpapar logam berbahaya seperti arsenik dalam berbagai cara misalnya melalui air yang tercemar.

Spirulina memiliki kemampuan detoksifikasi arsenik  yang sudah terbukti.

Dalam sebuah percobaan di Bangladesh untuk menangani keracunan arsenik parah, 24 pasien yang diberikan ekstrak spirulina 2 kali sehari mengalami penurunan jumlah arsenik hingga 47%.

2. Antioksidan dan Anti-inflamasi yang Kuat

Kerusakan oksidatif dapat membahayakan DNA dan juga sel tubuh. Kerusakan ini dapat memicu peradangan yang berujung pada kanker dan penyakit lainnya.

Spirulina adalah salah satu sumber antioksidan kuat  yang dapat melindungi dari kerusakan oksidatif.

Komponen aktif utamanya disebeut dengan Phycocyanin yang juga merupakan pigmen warna hijau biru pada spirulina.

Phycocyanin dapat melawan radikal bebas dan menghambat  peradangan.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan faktor utama dari berbagai penyakit membahayakan, termasuk serangan jantung,  stroke dan penyakit ginjal.

Konsumsi spirtulina diduga mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi dengan meningkatkan produksi nitric oksida yaitu molekul yang membantu pembuluh darah untuk rilek dan melebar.

4. Menurunkan Kolesterol dan Trigliserida

Penyakit jantung saat ini masih menjadi pembunuh paling tinggi. Salah satu faktor resiko dari penyakit jantung adalah tingginya kadar kolesterol jahat dan juga trigliserida.

Ditemukan juga manfaat spirulina untuk mengatasi permasalahan kolesterol dan trigliserida.

Seperti yang ditunjukkan sebuah studi yang meneliti 25 orang dengan diabetes tipe 2 yang diberikan ekstrak spirulina sebanyak 2 gram tiap harinya mengalami penurunan kolesterol sebanyak 10% dan penurunan trigliserida sebanyak 16.3%.

5. Melawan Kanker Terutama Kanker Mulut

Menurut University of Maryland Medical Center setelah diujicobakan ternyata spirulina dapat meningkatkan produksi antibodi yang memperkuat kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi serta penyakit kronis seperti kanker.

Dalam studi lainnya yang meneliti efek spirulina pada 87 orang dengan luka prakanker pada mulut, setelah diberi 1 gr spirulina perhari selam 1 tahun, semuanya mengalami pemulihan pada luka prakankernya.

6. Melawan Gejala Anemia

Memang ada banyak jenis anemia, yang paling umum ialah akibat penurunan darah merah atau hemoglobin.

Anemia biasanya sangat umum pada orang tua, yang memicu rasa lelah dan letih yang berkepanjangan.

Dalam satu studi mengenai 40 orang tua dengan riwayat anemia, suplementasi spirulina ternyata meningkatkan hemoglobin dalam darah merah yang berdampak pada fungsi imun yang lebih baik.

7. Mengurangi Gejala Rhinitis Alergi

Rinitis alergi ditandai dengan pembengkakan di saluran udara hidung.

Hal ini dipicu oleh alergen lingkungan, seperti serbuk sari, bulu hewan atau bahkan debu.

Spirulina adalah pengobatan alternatif yang populer untuk gejala rinitis alergi , dan ada bukti bahwa obat ini dapat efektif.

Dalam satu penelitian terhadap 127 orang dengan rinitis alergi, 2 gram spirulina per hari secara dramatis mengurangi gejala seperti  ingus, bersin, hidung tersumbat dan gatal.

8. Meningkatkan Energi dan Kekuatan Otot

Ketika melihat kandungan kimia spirulina, maka tak herab jika orang yang secara teratur konsumsi spirulina memiliki banyak energi.

Dalam dua studi, spirulina menunjukkan peningkatan ketahanan tubuh secara signifikan setelah dikonsumsi orang yang sedang kelelahan.

Dalah studi lainnya di sekolah atletik ditemukan suplementasi spirulina dapat meningkatkan kekuatan otot akan tetapi tida berdampak pada ketahanan tubuh.

9. Mencegah Kerusakan Hati

Spirulina juga bisa bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah pada hati baik kronis maupun akut.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa spirulina melindungi dari penyakit hari kronis seperti kerusakan hatti, sirosis atau gagal hati.

Diperkuat dengan sebuah jurnal yang dipublikasikan pada Journal Nutrition, para peneliti mengambil kesimpulan bahwa spirulina mungkin bermanfaat untuk kesehatan fungsi hati.

10. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Jika anda memiliki masalah dengan kesehatan seperti mudah terserang flu, spirulina mungkin dapat membantu.

Telah dibuktikan bahwa spirulina dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh serta mencegah perkembangan infeksi virus.

Berkaitan dengan kandungan penting seperti polisakarida, spirulina dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Juga kandungan antioksidan yang meningkatkan sel darah putih dalam tubuh

Seperti diketahui bahwa sel darah putih memegang peran penting dalam kekebalan tubuh karena mereka memproduksi antibodi yang melindungi tubuh dari zat asing dan bakteri.

Informasi Penting Sebelum Konsumsi Spirulina

Anda mungkin tertarik dengan manfaat spirulina yang sangat banyak sehingga mungkin setiap hari ingin mengkonsumsinya.

Perlu diperhatikan, meski spirulina aman dan baik dikonsumsi, namun tidak boleh berlebihan. Disarankan dosisnya antara1-2 sendok teh saja perhari.

Dosis yang berlebihan dapat menimbulkan masalah pada perut anda atau masalah lainnya.

Hal penting lainnya juga anda harus berhati-hati jika membeli sembarang ekstrak spirulina karena mungkin saja mengandung spirulina yang sudah terkontaminasi zat racun.

Salah satu dampak dari spirulina terkontaminasi ialah memicu kerusakan jangka panjang pada sel-sel tubuh yang mengkonsumsinya. Untuk itu, telitilah sebelum membeli, pastikan produsen suplemennya sudah terpercaya.

Jika anda memiliki alergi terhadap makanan laut. spirulina juga mungkin perlu anda hindari. Atau lebih baik lagi jika berkonsultasi dulu dengan dokter jika anda tetap ingin mengkonsumsinya.

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..