Mengerikan, Ini 10 Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Mengerikan, Ini 10 Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan

posted in: Info Kesehatan | 0

Anda pasti familiar dengan kutipan lirik lagu ini “Begadang jangan begadang..kalau tiada artinya..“.

Bukan tanpa alasan mengutip lirik lagu diatas karena memang ada hubungannya dengan apa yang akan dibahas dalam artikel ini yaitu tentang bahaya kurang tidur bagi kesehatan.

Ya, semua orang pasti butuh tidur atau istirahat, karena tubuh memiliki titik lemah dan tidak bisa terus terusan beraktifitas sepanjang waktu.

Tidur dimalam hari adalah cara terbaik mengistirahatkan tubuh agar pada pagi harinya badan kita merasa fit dan berenergi kembali untuk beraktifitas.

Tapi sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan waktu tidur malam hari yang cukup, baik itu karena disengaja ataupun karena memang ada kepentingan tertentu seperti pekerjaan atau tugas. Dan itu dianggap hal biasa.

Namun tahukan Anda, ternyata sering kurang tidur menyimpan bahaya dan bisa memicu berbagai gangguan kesehatan serius seperti yang diungkapkan berbagai hasil penelitian.

Contoh kecil saja, Kami yakin anda pasti pernah mengalami kurang tidur kan ?, lalu apa yang terjadi pada pagi harinya, pasti tubuh anda merasa kurang bersemangat dan aktifitas tidak berjalan lancar seperti biasanya.

Itu hanya efek satu hari kurang tidur saja, bayangkan saja jika bermalam-malam anda lalui dengan kurang tidur…

Nah, sebagai informasi, berikut ini telah Kami rangkum beberapa bahaya akibat kurang tidur bagi kesehatan yang sudah sepatutnya anda ketahui :

Gangguan Emosional

Bahaya pertama akibat dari kurang tidur malam hari ialah mengakibatkan perubahan secara emosional. Biasanya orang yang kekurangan tidur akan lebih sensitif dan mudah marah.

Disebutkan dalam Journal of Applied Social Psychology, para peneliti menjelaskan bahwa kurang tidur akan menyebabkan kontrol diri dan kemampuan berpikir jernih berkurang. Sehingga tidak heran jika orang yang kurang tidur sering marah-marah tidak jelas.

Depresi Berat

Kurang tidur bisa membuat seseorang depresi, hal ini ditunjukkan dengan hasil riset yang menyatakan bahwa kebanyakan dari orang yang memiliki gangguan waktu tidur rentan mengalami depresi. Begitu juga sebaliknya orang yang mengalami depresi juga beresiko mengalami gangguan waktu tidur.

Fungsi Otak Menurun

Susah konsentrasi, tidak fokus dan mudah lupa itu salah satu efek dari kurang tidur. Penurunan fungsi tersebut diakibatkan karena volume otak yang menyusut dan kematian sel otak secara bertahap.

Semakin lama kurang tidur maka kerusakan pada otak juga akan meluas. Hal ini berdampak pada pemprosesan informasi oleh saraf otak menjadi lebih lambat.

Baca Juga : Penyebab Masih Muda Tapi Sudah Pikun

Gangguan Jantung & Stroke

Sebuah studi menyatakan bahwa orang yang kurang tidur memiliki 50% resiko menderita gangguan jantung. Kurang tidur bisa menurunkan metabolisme tubuh dan meningkatkan tekanan darah, akibatnya jantung akan bekerja lebih keras beresiko menyebabkan serangan jantung.

Akibat gangguan jantung itu pula bisa berdampak pada fungsi saraf otak dimana otak tidak teraliri darah dan oksigen dengan baik. Akibatnya banyak sel saraf otak yang mengalami mal nutrisi, tidak berfungsi bahkan saraf mati dan menimbulkan serangan stroke.

Obesitas / Kegemukan

Sudah dibuktikan dalam 12 penelitian adanya korelasi antara kurang tidur dan perubahan pola makan. Orang yang kurang tidur biasanya akan makan lebih banyak. Kurang tidur berakibat pada perubahan hormon dalam tubuh.

Produksi ghrelin (hormon yang menambah nafsu makan) bertambah, sementara produksi leptin (hormon yang mengontrol pola makan) berkurang. Nah, sekarang anda tahu ‘kan kenapa kalau begadang malam-malam, bawaannya lapar?

Kanker Payudara

Ketika anda kurang tidur akan terjadi perubahan produksi hormon tubuh., dimana produksi melatonin yaitu hormon anti kanker akan menurun.

Kurang tidur juga memicu meningkatnya kadar hormon estrogen pada wanita sehingga jika kurang tidur dalam waktu lama bisa beresiko kanker payudara. Memang masih terjadi perdebatan tentang ini, tapi penelitian terbaru menunjukan hasil yang sama

Diabetes Melitus Tipe 2

Terdapat penelitian pada tahun 2002 bahwa kurang tidur juga memicu munculnya Diabetes Melitus Tipe 2 dimana terjadi resistensi sel terhadap insulin yang menyebabkan kadar gula darah meningkat. Kurang tidur dapat memicu stress sehingga terjadi pelepasan hormon kortisol dan norepenepherine yang berhubungan dengan resistensi insulin.

Osteoporosis

Ada hubungan antara kurang tidur dengan pengeroposan tulang atau osteoporosis. Penyakit ini biasanya timbul pada orang tua sebagai efek penuaan. Namun karena kurang tidur, diusia muda pun bisa terkena osteoporosis, ini karena terjadi perubahan kepadatan mineral tulang sebagai dampak penuaan dini lebih cepat.

Sistem Imun Lemah

Sistem imun merupakan bentuk pertahanan tubuh dalam menangkal serangan penyakit yang masuk. Kurang tidur nyatanya bisa menghancurkan sel-sel darah putih (leukosit) yang bertindak sebagai sistem kekebalan tubuh.

Jika sudah demikian, tubuh kita akan rentan terhadap berbagai jenis infeksi penyakit termasuk HIV/AIDS dan jika sudah terkena infeksi akan sangat sulit untuk sembuh.

Kurang Tidur = Mati Muda ?

Boleh percaya boleh juga tidak riset membuktikan bahwa orang yang kecenderungan kurang tidur ternyata memiliki resiko besar kematian lebih cepat daripada mereka yang cukup tidur kurang lebih 6 – 8 jam.

Bukan apa-apa karena akibat dari kurang tidur inilah yang menyebabkan gangguan kesehatan bermunculan hingga menimbulkan berbagai komplikasi penyakit. Hal ini tentunya  menyadarkan kita akan pentingnya tidur malam yang cukup.

Nah, itulah dia 10 Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan yang harus anda ketahui. Tapi belum terlambat untuk mencegah berbagai kemungkinan di atas yaitu dengan memperbaiki kualitas tidur kita.

So, sudahkah Anda tidur malam yang cukup selama ini ?…

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..