5 Bahaya Mengucek Mata Yang Harus Diwaspadai

5 Bahaya Mengucek Mata Yang Harus Diwaspadai

posted in: Info Kesehatan | 0

Ketika ada bagian tubuh yang terasa gatal, ya paling enak memang digaruk, karena gatalnya seketika bisa hilang.

Tapi bagaimana jika gatal muncul pada area mata ?, apa boleh digaruk atau dikucek ?

Jangan sembarangan mengucek mata kalau anda tidak mengetahui dampak buruknya dalam jangka panjang.

Mata gatal bisa disebabkan karena ada alergi atau ada benda asing seperti debu yang masuk ke mata. Rasa gatal ini sebenarnya adalah bentuk dari sistem pertahanan mata untuk memerangi benda asing tersebut.

Dengan menggosok atau mengucek mata memang dapat meredakan rasa gatalnya, tapi itu hanya efek sementara saja.

Sudah tahukah anda bahwa kebiasaan mengucek mata dalam jangka panjang ternyata bisa menimbulkan bahaya bagi mata ?

Jika belum mengetahuinya, sebaiknya baca baik-baik artikel ini jangan sampai anda menyesal dikemudian hari.

Lewat artikel ini Admin akan berbagi informasi tentang apa saja bahaya mengucek mata yang mungkin dialami dalam jangka panjangnya.

Selamat membaca, jangan lupa bagikan info ini jika bermanfaat.

5 Bahaya Mengucek Mata yang Harus Diketahui

Ketika anda sering mengucek mata, dampak buruk yang mungkin akan diderita oleh mata adalah sebagai berikut :

1.Resiko Infeksi Mata

infeksi-mataKetika anda berkendara misalnya dengan motor atau mobil resiko terpapar debu dan asap kendraan akan semakin besar.

Salah satu efeknya ialah pada mata yang terkadang terasa gatal dan tidak nyaman. Yang terlintas diotak hanya satu yaitu mengucek mata.

Tidak peduli apa tangan kita bersih atau tidak yang penting rasa gatalnya harus segera hilang. Tapi justru hal ini akan meningkatkan potensi infeksi pada mata.

Kuman dari tangan mungkin akan berpindah ke mata. Meski mata mempunyai sistem perlindungan dari debu atau kuman.

Masalahnya ketika mengucek mata, besar kemungkinan debu atau benda asing yang masuk akan menimbulkan goresan pada pelindung mata, dan ini menjadi celah bagi kuman untuk masuk dan berkembang hingga suatu saat menjadi infeksi.

Mata merah, perih dan berair terus-terusan adalah beberapa gejalanya.

2. Cedera atau Perlukaan (Ulkus Kornea)

cornealulcer-300x199Banyak alasan kenapa mata bisa gatal, salah satunya karena ada benda asing yang masuk.

Seperti disinggung dalam poin satu di atas, mata secara otomatis akan mengeluarkan pertahanan yaitu air mata untuk mengeluarkan benda asing tersebut.

Jangan sekali-kali mengucek mata, bila perlu gunakan obat tetes mata untuk meringankannya. Mengucek mata dapat menimbulkan tekanan pada kornea.

Jika benda asing yang masuk cukup besar bukan tidak mungkin terjadi goresan pada kornea mata atau bahkan dapat melukai mata.

Gejala yang timbul biasanya ialah munculnya bintik atau bercak putih dikornea yang dapat meluas jika tidak segera diobati.

Bukankah ini lebih buruk efeknya dari pada kelilipan ?

3. Glaukoma

gejala-glaukoma-2Bahaya mengucek mata yang ketiga adalah memungkinkan terkena Glaukoma.

Apa itu Glaukoma ?

Glaukoma ialah penyakit yang timbul akibat adanya tekanan pada bola mata sehingga mengakibatkan mata tampak lebih besar.

Faktanya dengan mengucek mata akan memberikan tekanan 10 kali lebih besar dibandingkan tekanan normal atau saat kita memejamkan mata.

Glaukoma bisa merusak pembuluh darah kecil yang menuju mata, menghentikan aliran darah ke mata, lama kelamaan mata akan kehilangan fungsi penglihatan bahkan kebutaan.

Selain memperburuk Glaukoma, mengucek mata juga dikatakan bisa memperparah miopia atau mata minus.

4. Penipisan Kornea (Keratonokus)

91249Penelitian medis telah menunjukkan bahwa menggosok mata dalam jangka waktu lama dan berulang dapat menyebabkan penipisan kornea. Yang pada gilirannya dapat menyebabkan infeksi berulang, atau lebih buruk, kondisi yang dikenal sebagai keratoconus, yang menyebabkan kerusakan penglihatan yang seringkali tidak dapat dikembalikan atau sepenuhnya diperbaiki.

5. Pendarahan Mata

images-1Untuk menjalankan fungsinya mata perlu nutrisi yang dialirkan lewat pembuluh darah. Pembuluh darah mata memiliki ukuran yang kecil dan rentan rusak jika terkena tekanan berat seperti akibat mengucek mata.

Tekanan yang kuat pada mata tidak hanya menyebabkan Glaukoma saja tapi juga beresiko merusak pembuluh mata bahkan bisa sampai pecah.

Darah akan memenuhi rongga mata sehingga akan tampak  gumpalan merah dibagian putih mata.

Tentu tidak ada satu orang pun yang ingin mengalaminya, kan ?

Lalu jika tidak boleh mengucek mata ketika gatal atau kelilipan, bagaimana caranya untuk menghilangkan rasa tidak nyaman pada mata ?

Jika gatal disebabkan akibat alergi yang paling tepat untuk mencegah munculnya gatal ialah dengan menghindari pemicunya. Seperti apabila sering bepergian menggunakan kendaraan bermotor sebaiknya gunakan helm tertutup ataupun kaca mata.

Persiapkan juga tisu dan  obat tetes mata untuk berjaga-jaga jika mata terkena debu atau asap kendaraan lain. Tetes mata juga berguna bagi mereka yang sering mengalami gatal meski tidak bepergian keluar rumah.

Cara ini sepertinya memang sepele tapi tak banyak yang menggunakannya. Oleh karena itu, selalu siapkan segalanya sebelum anda pergi. Dengan begitu kebiasaan mengucek mata bisa sedikit dikurangi.

Mata termasuk organ vital, jika bukan kita sendiri yang menjaganya lalu siap lagi. Jangan sampai menyesal dikemudian hari akibat kebiasaan buruk seperti mengucek mata, ya…

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..