Berapa Lama Narkoba Bertahan Dalam Tubuh ? Ini Jawabannya

Berapa Lama Narkoba Bertahan Dalam Tubuh ? Ini Jawabannya

posted in: Info Kesehatan | 0

Keberadaan tes kandungan narkoba baik melalui tes urin, darah dan rambut menimbulkan ketakutan tersendiri bagi orang yang memang mengkonsumsi atau pernah mengkonsumsi barang haram tersebut. Sehingga seseorang bisa melakukan hal apa saja agar bisa lolos dari tes.

Salah satunya dengan mencari-cari info tentang berapa lama narkoba bertahan dalam tubuh dan juga cara-cara untuk mengelabui tes supaya hasilnya negatif.

Perlu diketahui tentang lamanya zat narkoba bisa bertahan dalam tubuh tergantung dari beberapa hal, seperti jenis narkobanya, dosis yang dipakai, berapa lama memakainya serta bagaimana keadaan metabolisme tubuh pemakainya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa tidak semua narkoba memiliki waktu bertahan yang sama dalam tubuh setiap orang.

Tujuan artikel ini bukan sebagai patokan, tapi ini dibuat hanya untuk memberikan informasi dan gambaran tentang waktu bertahan narkoba dalam tubuh secara umum.

Berapa Lama Narkoba Bisa Hilang ?

Faktanya setelah kita konsumsi narkoba jenis apapun baik itu dihirup, ditelan, atau dihisap ketika masuk kedalam tubuh akan secara langsung dipecah. Namun tidak selesai begitu saja, ternyata sisa pemecahan dari zat tersebut masih tersimpan dalam tubuh. Tercatat zat narkoba bisa tinggal di dalam darah atau urine, bahkan di rambut, beberapa lama setelah efek narkoba itu dirasakan.

Uniknya ternyata tes narkoba dengan pengecekan urin atau darah terkadang hasilnya tidak begitu reliable. Oleh karena itu, tes rambut sering menjadi acuan karena memang hasilnya lebih akurat daripada kedua tes tersebut. Disebutkan zat-zat narkotik bisa bertahan di rambut sampai 3 bulan lamanya.

Baiklah, tanpa berpanjang lebar lagi di bawah ini adalah gambaran secara umum tentang berapa lama narkoba bertahan dalam tubuh beradasarkan keberadaannya dalam darah, urin dan juga rambut.

Alkohol

Meski bukan termasuk golongan narkoba tapi dirasa perlu mengetahui  berapa lama alkohol tetap bertahan dalam tubuh sebagai pengetahuan. Alkohol dapat bertahan dalam urin sekitar 3 -5 hari, dalam darah antara 10 – 12 jam dan yang paling lama ialah pada rambut sekitar 90 hari.

Amfetamin

Jenis psikotropika ini aka terkadung selama 1-3 hari dalam urin, 12 jam dalam aliran darah dan dalam sel-sel rambut bisa bertahan selama 90 hari

Baca juga : Cara Membersihkan Pil Koplo Dalam Tubuh

Ganja/Cannabis

Narkoba yang populer dikalangan anak muda memiliki waktu bertahan paling lama.  Ganja masih bisa terdeteksi dalam urin antara seminggu sampai sebulan setelah terakhir pemakaian, ikut mengalir di dalam aliran darah antara 2 minggu serta di rambut bertahan dalam waktu 90 hari bahkan lebih.

Kokain

Kokain terkandung dalam urin antara 3 sampai 4 harian, sedangkan dalam aliran darah waktunya antara satu hingga 2 hari paling lama dirambut sekitar 30 hari.

Heroin

Narkotik yang dikenal juga dengan nama putaw ini akan bisa terdeteksi di urin selama 3 – 4 harian, dalam aliran darah bisa diatas 12 jam, terahir di rambut terdeteksi lebih dari 90 harian

LSD

Narkoba ini biasanya berbentuk lembaran tipis, pil atau kapsul yang diletakkan di lidah. LSD bertahan dalam urin antara 1 -2 hari, efeknya dalam darah selam 2-3 jam dan pada rambut bertahan hanya 3 hari saja

MDMA / Ekstasi

Ekstasi memiliki banyak sebutan seperti Inex, Dolphin, Black Heart, Gober, Circle K, dan lain-lain. Ekstasi terdeteksi dalam urin antara 3 hingga 4 hari, ikut mengalir dalam darah 1-2 hari dan lebih dari 90 hari bertahan dalam rambut.

Baca juga : Cara Menghilangkan Efek Inex dalam Tubuh

Sabu-sabu / Metamfetamin

Dalam urin selama 3 -6 hari, dalam aliran darah efeknya bertahan 2 hingga 3 hari serta di rambut sama seperti yang lainnya lebih dari 90 hari

Baca juga : Berapa lama Efek Sabu Terdeteksi Dalam Tubuh ?

Morfin

Terakhir, kandungan morfin dalam urin bisa bertahan selama 2 hingga 3 hari, mengalir dalam darah antara 6 sampai 8 jam, di rambut selama 90 hari lebih.

Bagaimana Cara Menghilangkan Sisa Narkoba Dalam Tubuh ?

Ada banyak pilihan untuk membersihkan tubuh dari narkoba secara total, waktu yang dibutuhkan mungkin akan beragam tegantung pada jenis kecanduan yang anda alami baik itu ringan maupun parah.

Selama proses pembersihan ini mungkin anda akan mengalami mual-mual, muntah, sakit kepala, berkeringat lebih, atau gejala yang tidak nyaman lainnya. Perlu dimengerti karena ini adalah cara tubuh untuk membuang zat-zat kimia yang tidak dibutuhkan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membersihkan tubuh dari narkoba yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

  • Berhenti Menggunakan Narkoba

Ini adalah langkah terpenting yang harus anda ambil. Selain itu keyakinan dan tekad untuk berhenti dari kecanduan juga memiliki peran sama penting.

Untuk benar-benar membersihkan tubuh Anda dari obat-obatan , Anda harus berhenti dalam kebiasaan itu sendiri. Hal ini akan memungkinkan tubuh Anda untuk mulai menumpahkan racun yang telah lama terakumulasi.

Semakin cepat Anda berhenti, semakin cepat pula zat kimianya akan hilang.

  • Perbanyak Asupan Cairan Tubuh

Beberapa macam narkoba dapat menimbulkan efek dehidrasi seperti sakit kepala, nyeri otot dan juga kelelahan. Dengan minum cukup air putih anda bisa mengurangi gejala tersebut.

Minum air putih yang cukup dapat menjadi jalan untuk detoksifikasi. Air akan membersihkan sel sel tubuh dan membuang zat yang tidak diperlukan bersama dengan urin.

Sebagai alternatif lain anda juga bisa mencoba jus buah-buahan kaya antioksidan sebagai media detoksifikasi. Air kelapa bisa jadi pilihan anda karena bisa membuang racun dalam tubuh

  • Perbaiki Nutrisi Tubuh Dengan Makanan Tepat

Untuk menggantikan nutrisi tubuh yang hilang akibat dari efek zat-zat narkoba pada tubuh anda harus mulai memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Sebaiknya hindari makanan yang mengandung gula tinggi dan juga makanan tinggi lemak jahat. Tubuh yang banyak lemak akan semakin memperlama durasi zat-zat kimia tinggal dalam tubuh.

Makanan yang bisa anda pilih yaitu biji-bijian utuh, sayuran berdaun hijau, semua buah beri yang kaya antioksidan, yogurt tawar, ikan salmon, dan lainnya.

  • Berolahraga Rutin Untuk Pemulihan

Olahraga adalah cara terbaik untuk memulai membersihkan tubuh Anda dari hal-hal yang tidak sehat. Dengan memacu jantung dan menyebabkan tubuh berkeringat, Anda menghilangkan racun yang tidak sehat melalui pori-pori Anda.

Tidak masalah apakah Anda memilih untuk melakukannya dengan berlari, bersepeda, yoga, atau olahraga lainnya.

Tidak hanya akan membantu Anda detoksifikasi, tetapi juga akan menghasilkan endorphin di otak Anda yang akan membuat Anda bersemangat melalui proses yang sulit ini.

Namun, berolahraga dapat melepas zat narkoba ke darah lebih banyak dalam waktu yang singkat karena lemak dalam tubuh berkurang, sehingga cara ini tidak dianjurkan bagi anda yang akan menjalani tes narkoba dalam waktu dekat.

Cara ini akan bekerja jika anda memiliki waktu beberapa minggu sebelum diadakan tes narkoba, pastikan berhenti berolahraga 2-3 hari sebelum tes untuk meminimalkan pelepasan narkoba dalam darah.

 

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..