Berapa Lama Penyembuhan Patah Tulang Kaki ?

posted in: Info Kesehatan | 0

Siapapun yang mengalami patah tulang pasti tahu bahwa penyembuhan akan berlangsung sangat lama sejak ditangani oleh dokter. Patah tulang tidak seperti cedera lain pada tubuh yang mungkin bisa diperban lalu kemudian sembuh. Cedera patah tulang perlu lebih dari itu untuk sembuh.

Jadi, berapa lama sebenarnya waktu yang dibutuhkan untuk patah tulang bisa benar-benar sembuh secara sempurna ?

Sebenarnya, ada berbagai faktor yang ikut berpengaruh pada lamanya penyembuhan patah tulang. Namun, secara umumnya bisa diperkirakan patah tulang akan sembuh mulai dari 4 minggu hingga 3 bulan lamanya.

Pemulihan tulang paling bergantung pada tulang sebelah mana yang patah, usia orang yang menderita patah tulang serta jenis patah tulang yang dialami. Selain itu, ada juga faktor lain yang menentukan waktu penyembuhan patah tulang seperti misalnya penyakit tulang osteoporosis, cedera sebelumnyadan juga kondisi kesehatan penderita.

Secara umum bisa dikatakan seperti ini, makin kecil tulang yang cedera, maka penyembuhannya akan lebih cepat. Contoh, jika patah tulang terjadi pada tulang jari akan lebih cepat pulih dari pada patah tulang kaki. Ini juga berlaku untuk usia, yang mana semakin muda usia penderita patah tulang, akan semakin cepat sembuhnya.

Perkiraan Waktu Penyembuhan Patah Tulang

Tidak ada rumus khusus untuk menghitung berapa lama patah tulang akan sembuh, namun dengan berbagai kasus yang dilaporkan berikut ini adalah waktu rata-rata patah tulang biasanya akan sembuh ;

  • Tulang selangka = 4-8 minggu
  • Tulang belikat = 6-8 minggu
  • Tulang rusuk = 4 minggu
  • Lengan atas = 4-10 minggu
  • Lengan bawah = 5-8 minggu
  • Pergelangan tangan = 4-12 minggu
  • Tulang jari = 3-6 minggu
  • Panggul = 4-6 minggu
  • Kaki atas = 12+ minggu
  • Kaki bawah = 4-24 minggu
  • Ankle = 6 minggu
  • Kaki = 3-12 minggu
  • Tulang tulang = 3-4 minggu

Bagaimana Caranya Agar Patah Tulang Lebih Cepat Sembuhnya ?

Patah tulang bisa dipercepat penyembuhannya dengan berbagai metode. Jadi daripada anda hanya menunggu sampai tulang yang patah kembali tumbuh dengan sendirinya, akan lebih baik jika anda melakukan hal yang dapat membantu penyembuhannya.

Diantaranya ada 5 metode yang bisa anda lakukan disini, berikut adalah penjelasannya :

1. Persiapkan energi yang cukup untuk tubuh

Patah tulang membutuhkan lebih banyak energi dari yang anda kira. Jadi sangat disarankan untuk memperbanyak asupan kalori untuk mendukung penyembuhan, bahkan dibutuhkan kalori tiga kali lipat dari normal. Pasien yang mengalami luka bakar dan pasien dengan beberapa patah tulang mungkin memerlukan 6.000 kalori per hari. Jika permintaan ini tidak terpenuhi, proses penyembuhannya bisa terganggu.

2. Perhatikan asupan protein yang anda konsumsi

Secara volume, sekitar setengah tulang terdiri dari protein. Ketika terjadi fraktur, tubuh akan mengumpulkan blok protein bersamaan untuk mensintesis struktural tulang baru. Sejumlah penelitian mendokumentasikan percepatan penyembuhan fraktur dengan peningkatan asupan protein 10 sampai 20 gram. Mereka yang memiliki status protein rendah membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, dan memiliki lebih banyak komplikasi, termasuk kematian.

3. Perbanyak konsumsi makanan kaya antioksidan

Antioksidan memperbaiki kerusakan oksidatif. Ketika terjadi patah tulang, hasil radikal bebas yang luar biasa dihasilkan oleh jaringan yang rusak. Peradangan merupakan komponen penting dalam proses penyembuhan tulang. Meski menyakitkan, ini adalah bagian penting dari proses pembersihan dan pembangunan kembali.

Ada banyak obat-obatan untuk menurunkan peradangan. Namun, disamping menggunakan obat kimia, anda bisa mengkonsumsi makanan kaya antioksidan  untuk penyembuhan. Vitamin C, bioflavonoid dan flavonol seperti quercitin dan proanthrocydins, dan asam lemak omega-3 secara alami menenangkan proses inflamasi dan mempercepat penyembuhan.

4. Tingkatkan asupan mineral tubuh

Menurut beratnya, tulang terdiri dari sekitar 70% mineral dan penyembuhan fraktur memerlukan mineral yang banyak. Mineral khusus yang diperlukan dalam penyembuhan fraktur atau patah tulang diantaranya seng, tembaga, kalsium serta fosfor.

5. Tingkatkan juga asupan vitamin

Sementara protein dan mineral mungkin merupakan pembangun struktur tulang, vitamin adalah katalisator untuk banyak reaksi biokimia dan sama pentingnya. Dalam penyembuhan patah tulang, kita dapat dengan jelas mengidentifikasi peran penting beberapa vitamin termasuk vitamin C, vitamin D, dan vitamin K serta vitamin B penghasil energi, yang semuanya harus dikonsumsi dalam dosis terapeutik.

Faktor Penghambat Penyembuhan Patah Tulang

Selain dengan melakukan ke lima cara diatas tadi, Anda juga perlu menghindari beberapa faktor yang beresiko memperlambat bahkan menghambat proses penyembuhan patah tulang. Faktor tersebut diantaranya :

  • Obat penghilang rasa sakit

Meski ini bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat dari peradangan yang ditimbulkan saat proses penyembuhan. Namun faktanya penggunaan obat penghilang nyeri dapat menghambat penyembuhan.

  • Merokok

Sejumlah studi mencatat bahwa merokok juga bisa menghambat penyembuhan patah tulang. Disebutkan bahwa pasien patah tulang yang  merokok 62% akan lebih lambat sembuhnya dibanding pasien tidak merokok.

  • Konsumsi alkohol

Dalam studi fraktur pergelangan kaki di Denmark, pecandu alkohol mengalami komplikasi awal yang lebih parah, terutama infeksi setelah operasi pergelangan kaki reparatif. Sehingga sangat disarankan untuk menghentikan asupan alkohol berlebihan selama penyembuhan fraktur.

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..