10 Makanan Terbaik Untuk Melancarkan BAB Tanpa Obat

10 Makanan Terbaik Untuk Melancarkan BAB Tanpa Obat

posted in: Info Kesehatan | 0

Pasti tidak nyamankan kalau berhari- hari tidak buang air besar (BAB) ?

Sembelit atau BAB tidak lancar merupakan masalah pencernaan yang umum dialami baik itu anak-anak, muda maupun tua.

Sembelit terjadi ketika pencernaan melambat sehingga proses pembuangan tidak lancar dan teratur. Akibatnya sisa metabolisme tubuh akan terus menumpuk pada usus yang jika dibiarkan tentu saja bisa menimbulkan masalah.

Lalu bagaimana cara melancarkan BAB karena sembelit ini ?

Artikel kali ini akan memberikan cara dan rekomendasi makanan yang dapat membantu melancarkan BAB yang keras akibat sembelit.

Silakan disimak, ya…!

Penyebab Susah BAB

Sembelit dipicu oleh pergerakan usus yang lambat sehingga perjalanan tinja juga ikut melambat di usus. Selain itu, sembelit juga bisa terjadi karena pembuangan yang tidak tuntas atau tinja tidak terbuang seluruhnya. Akibatnya tinja mengeras dan kering.

Pergerakan usus yang melambat dipengaruhi banyak faktor, dan di bawah ini adalah faktor yang bisa menimbulkan sembelit :

  • Asupan serat yang kurang seperti jarang makan buah dan sayur
  • Rutinitas dan gaya hidup akibat perubahan pola dan kebiasan makan
  • Sering menahan ketika ingin buang air besar
  • Jika anda minum obat-obatan, beberapa obat akan menimbulkan efek samping seperti sembelit
  • Dehidrasi akibat kekurangan cairan atau jarang minum
  • Kurang bergerak atau berolahraga
  • Efek smping obat-obatan seperti Antidepresan, Antibiotik dan obat-obatan diuretik
  • Sedang hamil atau setelah melahirkan

Komplikasi Akibat Sembelit

BAB tidak lancar terutama yang sudah kronis beresiko menimbulkan komplikasi kesehatan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, seperti :

  • Wasir atau ambeien. Mengejan terlalu kuat dapat menyebabkan pembuluh darah anus dan sekitarnya membengkak yang kita sebut sebagai wasir
  • Luka dinding anus. Tinja yang keras dan besar bisa menyebabkan gesekan pada dindinga anus bagian dalam dan memicu luka dan pendarahan.
  • Tinja susah dikeluarkan. Sembelit kronis dapat menyebabkan akumulasi tinja mengeras yang terjebak dalam usus Anda.
  • Prolaps rektum, yaitu usus keluar dari anus akibat berusaha mengeluarkan tinja yang keras.

Inilah 10 Makanan Terbaik  Untuk Melancarkan Susah Buang Air Besar

Susah BAB bisa diatasi dengan cara alami tanpa menggunakan obat-obatan pencahar. Salah satunya ialah dengan konsumsi makanan berserat dan vitamin tinggi.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang berkhasiat untuk melancarkan BAB dan sembelit :

1. Pepaya

Pepaya kaya antioksidan Flavonoid dan betakaroten serta sejumlah vitamin seperti vitamin A, B9,C, E dan K. Untuk meringankan sembelit, pepaya mengandung Papain untuk mencegah akumulasi protein dicerna sebagian di usus besar Anda.

Pepaya juga merupakan sumber serat yang mudah larut, serat berguna untuk membantu mendorong tinja dari usus sehingga pergerakannya lebih mudah.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya sejak dulu sebagai makanan pencahar alami. Bahkan sejumlah studi juga menunjukkan hasil yang sama.

Zat Anthraquinones yang terkandung dalam lidah buaya berfungsi sebagai laksatif yaitu menghidrasi dan merangsang produksi lendir usus yang berguna memperlicin saluran pencernaan.

Dengan begitu gerak peristaltik usus akan meningkat dan mempercepat proses pembuangan kotoran.

3. Kacang – kacangan

Kacang adalah sumber protein dan juga  serat terbaik, dimana serat merupakan hal wajib agar BAB teratur setiap harinya. Kacang juga kaya magnesium untuk menstimulasi gerak peristaltik usus.

Konsumsi segenggam kacang sehari dapat membantu membuat BAB anda teratur. Jangan lupa juga minum air putih yang cukup, karena konsumsi serat tanpa diimbangi cairan justru dapat memperburuk sembelit.

4. Kiwi

Beberapa buah mengandung fruktosa yang tinggi.

Kiwi tidak hanya memberi asupan serat yang cukup, tapi kabar baiknya juga kiwi rendah fruktosa atau gula buah yang memicu gas dalam perut.

Semangkuk kecil kiwi memberikan 5 gram serat, selain itu anda  mendapat keuntungan vitamin C 2 kali lipat dari kebutuhan perharinya.

5. Yogurt

Yogurt kaya akan probiotik yang meningkatkan kesehatan pencernaan.

Probiotik adalah bakteri baik yang memberi keutungan untuk pencernaan seperti lactobacilus, Bifidobacterium yang terkandung dalam suplemen dan makanan seperti yogurt.

Tapi tidak semua jenis yogurt diproduksi dengan cara yang sama. Hindari yogurt yang mengandung banyak gula dan pilihlah hanya yogurt tawar dan alami sebagai sumber probiotik.

6. Apel

Pernah dengar kalimat ” satu buah apel tiap hari,  maka anda tidak perlu dokter’. Bukan tanpa alasan, karena apel adalah buah padat nutrisi yang yang bermanfaat untuk tubuh dalam berbagai cara.

Salah satunya, apel menjaga sistem pencernaan bekerja dengan baik. Seiring dengan manfatnya dalam mengatasi sembelit, apel juga dikenal sebagai obat untuk meringankan gejala diare.

Apel memiliki serat larut yang disebut pektin yang berguna mengikat lemak dan kolesterol dalam saluran pencernandan membuangnya bersama kotoran.

7. Bayam

Satu mangkuk sup bayam memberi 4 gram serat . Tidak hanya itu bayam juga adalah sumber terbaik dari magnesium.

Magnesium bermanfaat untuk  membantu kontraksi usus dan bersifat menyerap air untuk melembabkan saluran pencernaan.

Memasukkan bayam dalam menu diet anda cara sempurna untuk menghindari sembelit.

8. Brokoli

Makan brokoli dalam jumlah yang cukup  adalah cara terbaik mencegah sembelit berkepanjangan. Satu tangkai brokoli mengandung 4 gram serat dan juga 91 % air yang mana bagus untuk menghidrasi tubuh.

Makan brokoli dalam keadaan mentah akn lebih baik, jika tidak suka mentah bisa di kukus atau rebus. Jangan dimasak seperti biasa karena bisa menurunkan kadar seratnya.

Brokoli tidak hanya melancarkan pencernaan tapi juga kaya vitamin dan mineral penting yang meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

9. Buah Beri

Ada banyak jenis beri dan merupakan sumber serat tinggi.  Serat sangat penting untuk pencernaan yang sehat karena mengikat tinja Anda, membantunya melewati usus dan akhirnya keluar tubuh.

Seiring dengan serat, buah beri juga mengandung kadar air tinggi dan dapat membantu Anda tetap terhidrasi. Sering kali, sembelit disebabkan oleh dehidrasi.

Selain itu, beri juga rendah kalori dan pilihan yang tepat untuk anda yang sedang diet. Konsumsi beri setiap hari dapat mempertahankan berat tubuh yang ideal.

10. Buah-buahan kering

Makan buah-buahan kering  menguntungkan pencernaan, karena proses pengeringan akan mengkonsentrasikan nutrisi dalam buah, termasuk serat.

Buah-buahan kering dengan jumlah serat tinggi termasuk keripik pisang, aprikot kering, apel kering, buah persik kering, dan kranberi kering.

Selain serat yang tinggi, buah yang dikeringkan juga memberi manfaat lain seperti vitamin, mineral dan antioksidan yang memberi energi dan kekuatan untuk menjalani aktifitas.

Itulah ke 10 makanan untuk cara melancarkan bab yang keras. Konsumsilah sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan. Perbanyak juga minum air putih untuk menyeimbangkan cairan tubuh. Dengan begitu sistem pencernaan akan bekerja sebagaimana mestinya.

Disarankan Untuk Anda : Obat Melancarkan Susah BAB

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..