9 Kebiasaan Sepele Yang Membahayakan Kesehatan Kita

posted in: Info Kesehatan | 0

Sehat dan sakit sebenarnya berasal dari kebiasan- kebiasaan yang kita lakukan, baik itu hal kecil maupun besar. Jika ingin sehat ya harus menjauhi berbagai macam hal yang dapat merusak kesehatan, sekecil apapun itu.

Tapi masalahnya terkadang kita melakukan sesuatu hal yang dianggapnya sepele tapi justru berdampak buruk pada kesehatan. Ya, mungkin dampaknya tidak akan dirasakan dalam waktu dekat, tapi lama kelamaan  pasti kita merasakannya juga.

Memang akan sulit menghilangkan kebiasaan buruk terutama ketika sudah menjadi rutinitas yang dilakukan jangka waktu yang lama. Namun demi alasan kesehatan, bukankah kita akan mempertaruhkan segalanya ?

Tahukah kamu, ternyata banyak hal-hal sering dianggap sepele yang sering kita lakukan setiap hari tapi nyatanya secara diam-diam mengancam kesehatan dalam jangka panjang ?.

Luangkanlah sedikit waktu kamu untuk membaca 9 kebiasaan sepele tapi berbahaya dibawah ini, lalu renungkan mana saja yang sering kamu lakukan sehari- hari. Kehilangan waktu beberapa menit untuk membaca hal bermanfaat tentunya tidak akan serugi jika kamu kehilangan kesehatan sepanjang hidup kamu.

So, here they are…9 kebiasaan berbahaya yang seringkali Kamu sepelekan…

1. Mendengarkan Musik Lewat Ear Phone / Headset

cov-headsetMendengarkan musik memang menyenangkan, apalagi mendengarkan lagu-lagu dari penyanyi kesukaan kita lewat headset. Saking senangnya biasanya sampai tidur pun mendengarkan musik.

Tapi sudah tahukah kalau ini kebiasaan yang buruk ?.

Ketika kamu mendengarkan musik menggunakan headset dengan volume suara di atas 100 desibel lebih dari satu jam perharinya, itu sudah cukup untuk membuat kamu kehilangan pendengaran secara permanen dalam waktu 5 tahun saja. Nah loh..kenapa bisa begitu.

Begini, dalam telinga kita terdapat saraf-saraf pendengaran berbentuk spiral yang disebut koklea atau rumah siput. Koklea inilah yang akan menerima gelombang suara dari getaran gendang telinga untuk selanjutnya ditransmitkan ke otak untuk diubah menjadi suara. Terlalu sering mendengarkan musik dengan volume keras bisa merusak dan mengganggu kesensitifan koklea ini.

Kerusakan tersebut akhirnya akan menghambat impuls listrik mencapai saraf pendengaran sehingga tidak ada yang diteruskan ke otak untuk diintepretasikan sebagai suara.

2. Menyimpan Dompet Di Saku Belakang Celana

dompetbahayaHal ini terdengar sepele namun dampaknya cukup besar. Faktanya Dr. Scott Schreiber seorang Chiropractor di Delaware Back Pain and Sports Rehabilitation Center mengklaim bahwa menyimpan dompet di saku belakang bisa mempengaruhi saraf-saraf pada tubuh.

Dompet akan menekan saraf tubuh ketika orang tersebut sedang duduk. Jika seseorang meletakkan dompetnya di saku belakang, maka akan menimbulkan ketidakseimbangan yang secara tidak sadar melibatkan otot, tulang, dan sistem saraf.

Ketidakseimbangan ini membuat seseorang cenderung duduk miring dan berusaha untuk menyeimbangkan tubuhnya. Alhasil, penyeimbangan yang terjadi secara tidak sadar tersebut berimbas kepada nyeri pada leher, punggung, dan juga bahu.

3. Bermain Gadget Menjelang Tidur

tmg-article_main_wideKamu harus berusaha menghentikan kebiasaan ini atau kamu tidak akan tidur cepat. Diane Augelli, MD seorang profesor di Weill Cornell Center for Sleep Medicine mengatakan ponsel memancarkan gelombang cahaya yang dapat menstimulasi kita untuk tetap segar.

Stimulasi itu berupa penurunan produksi hormon melatonin yaitu hormon yang berfungsi menimbulkan rasa kantuk. Tak heran jika misalnya kamu bermain ponsel disaat jam tidur tapi tidak kunjung mengantuk. Tapi bukan hanya itu, nyatanya penurunan melatonin ini juga mempertinggi resiko kanker payudara, kolorektal dan juga kanker prostat seperti yang dimuat sebuah studi dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

4. Kurang Minum Air Putih

tanda-kekurangan-cairan_20160121_113348Air menempati sekitar 70% dari tubuh kita. Itulah kenapa minum air putih berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan. Ketika kita kurang minum air maka banyak organ tubuh kita yang bisa terpengaruh seperti otak dimana kekurangan cairan bisa menyebabkan melemahnya daya ingat akibat rusaknya sel-sel otak.

Kurang minum juga dapat menimbulkan dehidrasi parah. Disaat tubuh kurang cairan, maka salah satu benda cair dalam tubuh adalah darah. Tubuh akan menyerap air dalam darah, dan seketika itu pula darah akan berubah mengental sehingga memungkinkan peredaran darah melambat. Jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah lebih cepat, hal ini tentusaja membahayakan terutama pada penderita kardio vaskular berpotensi serangan jantung.

5. Makan & Minum Sambil Berdiri

stand

Hati-hati jika kamu termasuk salah satu yang sering makan sambil berdiri, terbukti secara ilmiah bahwa ketika makan sambil berdiri beresiko terjadi reflux asam lambung atau naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Cairan reflux ini bersifat sangat asam dan bisa mengakibatkan iritasi pada tenggorokan. Jika kebiasaan buruk ini kamu lakukan dengan sering, begitu juga dengan reflux asam lambungnya, iritasi kerongkongan akan semakin parah dan dapat memicu kanker tenggorokan.

Selain itu, makan dan minum sambil berdiri juga dapat menyebabkan benturan antara makanan dengan dinding usus secara langsung. 95% kasus luka lambung disebabkan oleh hal ini.

6. Melewatkan Sarapan Pagi

skipping-breakfast-dangerKamu yang masih menyepelekan sarapan pagi, sebaiknya rubah kebiasaan kamu. Energi untuk beraktifitas pada pagi sampai waktu makan siang tiba tergantung pada apa yang kita makan pada pagi hari. Melewatkan sarapan memiliki konsekuensi yang serius untuk berat badan, tingkat energi dan bahkan gula darah.

Tidak sarapan pagi menyebabkan seseorang kekurangan energi untuk beraktifitas, dancenderung makan banyak pada siang harinya yang dapat memicu kenaikan berat badan. Selain itu, tidak sarapan juga akan membuat gula darah tidak stabil yang mana itu tidaklah sehat.

7. Merokok

why-you-should-quit-smoking-key-statsSepanjang sejarah kesehatan, tidak ada kebiasaan populer di bumi ini yang seberbahaya merokok. Kebiasaan ini langsung menyebabkan 30 persen kematian akibat penyakit jantung, 30 persen dari kematian akibat kanker, dan sebesar 80 sampai 90 persen dari semua kanker paru-paru,

Belum lagi meningkatkan risiko pengembangan kanker mulut, tenggorokan, dan  kandung kemih. kebiasaan buruk ini juga  menimbulkan peluang kamu untuk terkena serangan jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi, memicu masalah pernapasan yang memberatkan seperti serangan bronkitis dan asma.

8. Memakai Celana Ketat

_83802945_gettyimages-149975767Menurut Karen Boyle, seorang ahli bedah di Greater Baltimore Medical Center (USA) ,  jeans ketat bisa memicu meralgia paresthetica, yaitu suatu kondisi yang meremas saraf yang melewati daerah luar paha, dan yang menyebabkan mati rasa, terbakar, dan sensasi kesemutan.

Jeans ketat diyakini dapat menimbulkan tekanan konstan pada saraf, yang dapat menyebabkan apa yang dikenal dengan sindrom kesemutan paha. Celana jeans terlalu ketat, yang umumnya lebih sering dipakai oleh wanita, akan meningkatkan risiko meralgia paresthetica. Penekanan syaraf yang berulang dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Selain itu, penggunaan celana ketat juga beresiko terhadap kesuburan terutama pria. Celana ketat dapat meningkatkan suhu panas dan kelembaban dalam area genital dimana sangat tidak baik untuk produksi dan kesuburan sperma.

9. Mengucek Mata

mengucek-mataGatal mata memang enaknya digaruk atau dikucek. Faktanya mengucek mata syarat akan resikonya. Sejumlah masalah pada mata mungkin akan kamu dapat jika sering mengucek mata.

Pertama resiko terjadinya ulkus atau luka pada lapisan pelindung mata (konjungtiva) yang mengundang bakteri masuk dan menyebabkan infeksi. Berikutnya kesempatan kamu mengembangkan gejala glaukoma semakin besar.

Glaukoma adalah penyakit mata yang timbul akibat dari tekanan pada bola mata sehingga menyebabkan pembesaran bola mata. Tidak main-main efeknya adalah kebutaan permanen. Wow..serem..

Bagaimana, apa saja kebiasaan buruk diatas yang sering sekali kamu lakukan, guys ?.

Sekarang kamu sudah tahu apa saja hal-hal sepele yang ternyata bisa mengancam kesehatan kamu dikemudian hari. Semoga bisa memotivasi untuk lebih sayang dan peduli sama kesehatan kamu , ya…

Baca juga : Ini Yang Akan Terjadi Jika Sering Makan Mie Instan Campur Nasi

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..