Macam-macam Keputihan Abnormal Dan Cara Mengatasinya

Macam-macam Keputihan Abnormal Dan Cara Mengatasinya

posted in: Info Kesehatan | 0

Salah satu yang membedakan wanita dan pria ialah wanita biasanya mengalami menstruasi setiap bulannya. Namun, biasanya sebelum atau sesudah menstruasi tersebut sering disertai dengan keputihan. Dan ini adalah hal klasik yang sering dialami wanita.

Keputihan adalah cara tubuh untuk mengeluarkan sisa sel-sel mati dan juga mikroorganisme dalam vagina. Sayangnya, tak jarang wanita sama sekali tidak mengetahui kenapa terjadi keputihan itu atau apakah keputihan yang ia alami adalah normal atau justru berbahaya. Bahkan sama sekali menyepelekannya.

Padahal nyatanya ada beberapa jenis keputihan yang terbilang tidak normal dan berbahaya, salah satu diantaranya bisa menjadi indikasi bahwa wanita tersebut sedang mengembangkan gejala kanker serviks atau rahim. Jadi, jangan anggap enteng soal keputihan ini, ya..

Oleh karena itulah, sudah seharusnya semua wanita sadar akan hal ini, bukan hanya mengetahui tapi juga tahu bagaimana menanganinya. Mudah-mudahan saja artikel ini bisa bermanfaat bagi wanita pada umumnya.

Jenis-Jenis Keputihan

Keputihan ditandai dengan keluarnya cairan dari vagina wanita dengan berbagai penyebab. Semua wanita pasti pernah mengalaminya, tak terkecuali pada ibu hamil hampir semua pasti mendapatkan keputihan.

Kenapa ?, karena pada masa kehamilan terutama kehamilan muda terjadi perubahan hormonal dan perubahan Ph dan keasaman vagina sehingga rentan menimbulkan keputihan.

Keputihan ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu keputihan normal (Fisiologis) dan keputihan abnormal (Patologis). Selanjutnya akan dibahas lebih rinci.

Keputihan Normal (Fisiologis)

Keputihan jenis ini adalah proses normal, ditandai dengan keluarnya cairan bening dan encer, tidak berwarna, berbau ataupun menyebabkan gejala gatal, perih atu nyeri disekitar vagina.Keputihan fisiologis umum terjadi saat masa subur dan sebelum atau sesudah menstruasi.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan jenis keputihan ini karena biasanya hilang dengan sendirinya. Pada ibu hamil dan janin juga tidak berpengaruh besar karena dilindungi dengan selaput ketuban.

Keputihan Abnormal (Patologis)

Hati-hati jika keputihan yang Anda alami memiliki bentuk , bau dan juga warna yang berbeda, karena bisa jadi pertanda keputihan tidak normal. Keputihan Patologis termasuk penyakit karena bisa mengganggu kesehatan secara umum dan khususnya pada area kewanitaan.

Keputihan abnormal bisa dikenali dan dibedakan dengan melihat warna cairan yang keluar dari vagina. Beda warna dan tekstur keputihan akan berbeda penyebab dan gejalanya.

Tanpa berlama-lama, inilah dia berbagai jenis keputihan Patologis atau abnormal :

  • Keputihan Berwarna Putih Kekuningan & Menggumpal

Keputihan abnormal ini disebabkan oleh jamur Candida yang hidup di vagina wanita. Biasanya jamur ini tidak berbahaya namun akibat perubahan hormon, perkembangan jamur menjadi tak terkendali sehingga menimbulkan infeksi.

Infeksi inilah yang berdampak pada keputihan yang berwarna putih agak kekuningan dan bergumpal. Ciri lain keputihan akibat jamur ialah pada baunya yang tidak sedap dan menimbulkan gatal tidak nyaman pada area sekitar vagina.

  • Keputihan Berbusa & Berwarna Kehijauan

Penyebab utamanya ialah parasit atau kuman-kuman yang biasanya masuk melaui hubungan seksual atau dudukan toilet dan sebagainya. Cairan keputihan berwarna antara kuning atau kehijauan disertai bau yang anyir dan cairan yang berbusa.

Bakteri Gonore, Klamidia, dan Gardenella juga bisa menyebabkan keputihan abnormal. Gejala lain dari keputihan ini ialah pendarahan diluar menstruasi serta nyeri saat berhubungan.

  • Keputihan Agak Berbusa Dan Berwarna Abu-abu

Ini adalah ciri utama keputihan akibat bakteri atau dikenal dengan Bakterial Vaginosis. Keputihan akibat bakteri biasanya berwarna keabu-abuan, jarang berbusa dan juga berbau amis. Anda juga mungkin akan mengalami rasa gatal dan rasa terbakar pada area vagina.

  • Keputihan Berwarna Kecoklatan

Hati-hati jika mengalami keputihan yang berwarna agak kecoklatan karena bisa menjadi pertanda awal penyakit serius seperti kanker serviks atau radang panggul. Keputihan karena kanker serviks dapat menimbulkan gejala seperti rasa nyeri pada daerah pinggang atau bokong dan juga cairan yang keluar berbau busuk.

Untuk memastikannya lebih lanjut harus melalui serangkaian pemeriksaan oleh dokter dan harus ditangani secepat mungkin.

  • Keputihan Seperti Air Dan Bening

Keputihan seperti ini disebabkan karena infeksi virus terutama herpes yang ditandai dengan adanya luka melepuh atau bintil-bintil berair pada area vagina.

Virus herpes ditularkan melalui hubungan seksual. Gejalanya adalah rasa panas , perih dan menimbulkan rasa gatal. Kanker mulut rahim yang sangat berbahaya bagi kaum wanita dapat di picu oleh keputihan yang disebabkan oleh virus ini.

Nah Girls, itulah tadi macam-macam keputihan dengan penyebab serta gejalanya. Dibawah ini, Admin berikan juga tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah timbulnya keputihan. Bukankah mencegah lebih baik dari mengobati..

Cara Mencegah Keputihan

  1. Jaga agar vagina selalu kering dan tidak lembab misalnya setiap selesai buang air kecil di lap dengan tisu atau handuk yang bersih. Jangan gunakan tisu beraroma atau berbahan kimi seperti tisu basah
  2. Hidari penggunaan celana yang terlalu ketat karena bisa menyebabkan keringat dan lembab serta iritasi
  3. Basuh kemaluan dari depan ke belakang, jangan sebaliknya. Ini bertujuan menghindari bakteri masuk ke vagina yang berasal dari anus
  4. Hentikan atau kurangi menggunakan pembersih kewanitaan karena dapat mempengaruhi Ph dan kadar keasaman area vagina. Selain itu pewangi dan zat kimianya beresiko memicu iritasi dan keputihan.
  5. Jangan berendam terlalu lama di air hangat, jamur akan tumbuh subur pada daerah yang lembab dan hangat
  6. Gantilah pembalut secara teratur saat masa menstruasi

Jika keputihan yang kamu alami tidak kunjung berhenti dan menimbulkan gejala lain yang mengganggu. Sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Bantu share ya jika artikel ini bermanfaat buat kamu. Ayo berbagi pengetahuan dan berbuat yang terbaik untuk kesehatan wanita Indonesia.

Baca juga : Inilah Kebiasaan Sepele Yang Membahayakan Kesehatan

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..