makanan pembersih usus kotor

Top 10 Makanan Pembersih Usus Kotor Paling Efektif

posted in: Info Kesehatan | 0

Makanan yang kita konsumsi akan dicerna dan diserap nutrisinya di usus. Sehingga apa yang kita makan tentunya akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan.

Sayangnya tidak hanya nutrisi saja yang dapat diserap oleh usus tapi juga racun dan zat-zat kimia berbahaya dari makanan atau minuman.

Jadi akan sangat penting bagi kita untuk menjaga usus tetap bersih, jangan sampai kotoran menumpuk semakin banyak karena bisa jadi sumber penyakit.

Kabar baiknya adalah ada cara alami mereset sistem pencernaan dan membantu membersihkan sisa kotoran di usus kita.

Bila Anda membersihkan usus besar dari racun dan penumpukan limbah, Anda akan merasa lebih ringan daripada udara, penuh dengan energi, dan tentu saja kesehatan yang lebih baik.

Membersihkan usus juga sangat mudah, salah satunya dengan konsumsi beberapa makanan pembersih usus kotor berikut ini :

1. Kubis-kubisan

Agar kita memiliki tubuh yang sehat, kita memerlukan pergerakan pencernaan yang sehat juga. Salah satu caranya ialah dengan makan banyak serat.

Keluarga kubis-kubisan adalah satu sumber serat yang paling tinggi.  Lobak, kembang kol, selada air, brokoli, bok choy, dan taoge termasuk dalam sayuran ini.

Hal hebat lainnya tentang sayuran ini ialah bisa mendetoks usus besar setiap kali Anda memakannya.

Sayuran kubis juga mengandung tingkat antioksidan yang sangat tinggi yang akan membuat Anda awet muda di dalam dan di luar.

2. Alpukat

Satu lagi makanan enak yang bisa membantu pencernaan dan detoksifikasi adalah alpukat.

Kaya akan serat larut dan tidak larut, senyawa ini akan mendorong pergerakan usus sehat dan membersihkan usus besar.

Serat efektif mengurangi risiko keseluruhan Anda terkena kanker usus besar. Kandungan serat larut menyerap air dan mengikat dengan zat lain di usus besar untuk membantu menjaganya agar tetap bergerak.

3. Sayuran Hijau

Tanaman berserat dan cerah ini bagus untuk menyapu bersih usus. Mereka juga kaya dengan mineral dan antioksidan yang bisa membantu tubuh kita melindungi dirinya dari racun yang masuk.

Perlu diingat bahwa jika Anda memiliki banyak masalah pencernaan, sebaiknya Anda mengonsumsi sayuran yang dimasak, karena ini lebih mudah dicerna.

Cobalah sup sederhana, merebus sayuran atau mengukusnya. Selalu tambahkan beberapa lemak sehat (mentega, minyak zaitun atau alpukat) dan asam (jus lemon atau cuka) untuk mendukung penyerapan vitamin di sayuran.

4. Makanan fermentasi

Sistem pencernaan terdiri dari jaringan bakteri baik yang melakukan banyak tugas termasuk pencernaan makanan, penyeimbangan bakteri, penyerapan nutrisi, dan pembuangan limbah dan racun.

Bila keseimbangan bakteri dari sistem pencernaan Anda kacau, kesehatan seluruh tubuh bisa terkena dampaknya. Lebih dari 80 persen sistem kekebalan tubuh Anda terletak pada usus Anda, jadi ketika flora usus Anda tidak seimbang, sistem kekebalan tubuh Anda tidak berfungsi dengan baik.

Untuk membantu mengatasi ketidakseimbangan ini, pastikan Anda mengonsumsi banyak makanan fermentasi, seperti yogurt, kombucha, acar, asinan kubis, tempe, dan kimchi.

Ini semua adalah makanan probiotik super kaya yang akan membantu menjaga keseluruhan sistem pencernaan Anda, termasuk usus besar dalam keseimbangan yang sehat.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya besar manfaatnya untuk tubuh baik luar maupun dalam. Ini bisa jadi salah satu suplemen alami penting  yang dapat mengatasi peradangan dalam tubuh.

Konsumsi lidah buaya merupakan cara terbaik untuk melawan konstipasi dan juga menenangkan seluruh sistem pencernaan.

6. Kacang polong dan lentil

Polong, legum, dan lentil memang terkenal dapat membersihkan usus karena kandungan fitonutrien , antioksidan serta serat yang tinggi.

Kacang polong dan legum adalah makanan padat nutrisi yang mencakup zat besi, seng, potasium, kalsium, vitamin B, dan protein.

Mengonsumsi makanan jenis ini sangat bagus dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Ini juga membantu menormalkan gerakan usus.

Mengonsumsi lebih banyak makanan pembersih usus ini akan memperbaiki fungsi sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu tubuh melawan penyakit.

7. Apel dan Cuka Apel

Makanan pembersih usus berikutnya adalah apel yang kaya serat sehingga membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Salah satu kadungan apel yang bermanfaat adalah pektin. Pektin dalam kulit apel merupakan sejenis karbohidrat yang berperan sebagai agen pengikat didalam perut.

Pektin dapat menyapu penumpukan racun  dalam usus dan juga memperkuat dinding usus. Kandungan ini juga sangat bagus untuk membersihkan segala jenis racun dan logam berat.

8. Teh Hijau

Ingin menurunkan berat badan, detoksifikasi, dan membersihkan usus besar pada saat bersamaan? Minumlah teh hijau.

Diperkaya dengan antioksidan yang meningkatkan fungsi usus dan membersihkan usus besar . Teh hijau juga mengandung vitamin C tinggi, yang mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh bisa melakukan detoksifikasi dengan lebih baik.

Anda bahkan mungkin turun beberapa kilo hanya dengan minum tiga cangkir teh hijau setiap hari karena ini akan meningkatkan metabolisme Anda, menjaga tubuh Anda tetap prima dan siap membakar lemak, bukan menyimpannya.

9. Lemon

Lemon merangsang hati untuk menghasilkan empedu, yang membantu fungsi sistem pencernaan secara keseluruhan lebih baik. Dengan memproduksi empedu lebih banyak, perut bekerja lebih baik, menggerakkan benda-benda dan membersihkan usus besar.

Cukup minum segelas air hangat dicampurkan dengan lemon organik  setiap pagi akan bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh dan membantu usus besar untuk membersihkan dirinya sendiri.

10. Wijen dan Selasih

Baik wijen dan biji selasih memiliki lemak dan serat yang membantu meningkatkan pencernaan yang sehat dan usus bersih.

Keduanya kaya akan asam lemak omega-3, yang telah terbukti dapat menstabilkan dinding sel dan mengurangi peradangan.

Wijen dan selasih juga mengandung campuran serat larut unik yang mengikat dengan makanan untuk mengoptimalkan proses pencernaan.

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..