9 Pilihan Makanan Paling Tepat Untuk Menambah HB Darah

9 Pilihan Makanan Paling Tepat Untuk Menambah HB Darah

posted in: Info Kesehatan | 0

Darah memiliki berbagai komponen pendukung, terutama Hemoglobin yang sering disingkat dengan HB.

Hemoglobin adalah protein darah merah yang fungsinya mengikat oksigen untuk disebarkan ke seluruh sel tubuh. Dengan oksigen inilah tubuh kita bisa berfungsi normal.

Apa yang terjadi jika tubuh kita kekurangan Hemoglobin darah?

Bayangkan saja jika kita kekurangan oksigen pastinya akan susah bernafas, kan ?. Begitu pula dengan kondisi sel tubuh saat hemoglobin berkurang, otomatis suplai oksigen tubuh kian menipis yang berakibat pada penurunan kinerjanya.

Yang paling sering terjadi ketika kekurangan HB darah ialah Anemia dengan gejala yang khas seperti badan cepat lelah, lemas, kulit pucat, pusing dan lainnya.

Jika anda sering mengalami Anemia, jangan beranjak dulu, karena kami memiliki rekomendasi makanan terbaik untuk membantu meningkatkan hb darah dan juga mencegah anemia tanpa harus minum obat apapun.

Silakan disimak ya..

Apa Penyebab Hemoglobin Menurun ?

Umumnya penurunan HB darah yang ringan tidak mengindikasikan keadaan serius, dan penurunannya juga tidak begitu besar.

Penyebab tersering dari turunnya hb darah dalam jumlah rendah salah satunya karena kurang istirahat. Sehingga dengan beristirahat seperti tidur saja sudah bisa diatasi.

Baca juga : Bahaya Kurang Tidur Untuk Kesehatan

Selain itu, kekurangan vitamin dan mineral terutama zat besi juga memicu penurunan HB darah yang sering menyebabkan anemia defisiensi besi.

Berbeda jika penurunan HB darah terjadi secara signifikan bahkan dari hari ke hari semakin menurun, tentunya ada penyebab lebih besar seperti penyakit tertentu.

Penyakit dan kondisi serius yang dapat menurunkan kadar Hemoglobin secara drastis diantaranya :

  • Anemia aplastik
  • Kanker darah (leukimia)
  • Kerusakan hati akibat  Sirosis
  • Hipotiroidisme
  • Kanker getah bening (Limfoma)
  • Keracunan logam berat
  • Efek samping pengobatan seperti kemoterapi
  • Autoimun yaitu kelainan kekebalan tubuh yang menghancurkan sel darah merah
  • Anemia sel sabit
  • Pembesaran limpa
  • Talasemia dimana tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin yang cukup
  • Pendarahan hebat setelah operasi, kecelakaan, atau menstruasi

Penurunan Hemoglobin yang jumlahnya besar dalam jangka panjang tentu akan beresiko terhadap kesehatan. Salah satu yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya yaitu dengan memperbaiki nutrisi melalui makanan yang dapat meningkatkan jumlah Hemoglobin.

Dibawah ini kami rekomendasikan beberapa pilihan makanan tinggi zat besi untuk membantu menambah hemoglobin darah dan mencegah Anemia.

9 Makanan Terbaik Untuk Meningkatkan HB Darah

1. Buah Apel

Mungkin pernah dengar jika makan 1 apel per hari maka anda tidak butuh dokter. Faktanya apel bermanfaat untuk kesehatan secara umum, termasuk juga menambah hemoglobin.

Apel mengandung zat besi tinggi yang berguna dalam proses pembentukan sel darah merah. Apel juga mengandung vitamin C yang akan memaksimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh.

2. Bayam

Selain baik untuk mata bayam segar juga memiliki kandungan zat besi cukup tinggi. Setengah mangkuk bayam per hari dapat memenuhi 20% kebutuhan zat besi tubuh yang mana bagus untuk meningkatkan HB darah.

Bayam juga mengandung vitanin dan mineral lain yang tidak kalah penting seperti Vitamins A, B9, E dan C, fiber, Kalsium and beta karoten.

Namun yang perlu diingat bayam mentah mengandung asam oksalat yang dapat mengurangi penyerapan zat besi, sehingga perlu dimasak terlebih dahulu untuk mengurangi kandungannya.

3. Tomat

Hanya memperbanyak asupan zat besi saja tidak akan berguna jika tubuh tidak menyerapnya secara maksimal. Untuk itulah diperlukan makanan yang dapat membantu penyerapan zat besi seperti tomat dan buah serta sayur lain dengan kandungan Vitamin C tinggi.

Ya, vitamin C dibutuhkan tubuh untuk membantu memaksimalisasi penyerapan zat besi.

4. Buah Delima

Delima bisa disebut buah super karena memiliki terlalu banyak komponen penting didalamnya. Buah ini mengandung protein, karbohidrat, serat dan gula.

Yang paling penting untuk anemia adalah zat besi dan kalsium. Dilengkapi juga dengan kandungan mineral lain seperti potassium dan tembaga yang berguna untuk meningkatkan jumalah hemoglobin dan memperlancar peredaran darah.

5. Kurma

Buah kurma selain lezat ternyata juga merupakan sumber zat besi terbaik. Setiap 100 gram kurma menyediakan 0,90 mg zat besi.

Jadi, kurma bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan anemia dan juga meningkatkan HB dalam darah. Kandungan lain dalam kurma seperti kalsium, mangan tembaga, dan magnesium.

Tembaga sama pentingnya seperti zat besi untuk pembentukan sel darah merah.

6. Produk Hewani

Daging merah, ikan laut dan juga organ liver adalah sumber zat besi yang mudah diserap tubuh (heme iron). Liver mengandung lebih banyak zat besi dari pada dagingnya.

Liver dapat memberikan 16-85 % kebutuhan zat besi tubuh tergantung liver hewan apa yang dimakan. Liver ayam adalah sumber heme iron terbaik yang bisa anda pilih.

7. Gandum utuh & Kacang

Manusia mendapat dua sumber zat besi yaitu hewani (heme iron) dan nabati (non-heme iron). Sumber zat besi nabati bisa diperoleh dari gandum dan kacang yang juga kaya asam folic.

Tapi anda juga harus menyeimbangkan antara zat besi hewani dan nabati karena, ternyata zat besi nabati memerlukan waktu penyerapan sedikit lebih lama.

8. Makanan Laut

Sudah bukan rahasia bahwa makanan laut seperti ikan tuna, salmon, kerang dan sebaginya merupakan sumber zat besi bahari yang bisa anda coba untuk membantu menambah hb darah.

Tapi, hati-hati jika anda memiliki alergi terhadap makanan laut sebaiknya dihindari, anda bisa memilih alternatif makanan lain sebagai sumber zat besi.

9. Telur

Telur merupakan sumber protein dan antioksidan dan juga nutrisi tubuh lainnya. Meski telur bukan sumber zat besi utama, tapi telur dapat menyediakan nutrisi tambahan saat anemia.

Sebutir telur menyediakan hanya 1 mg zat besi saja, itu sedah cukup untuk memenuhi kebutuhan 7% nutrisi pada Wanita dan 11% pada pria.

Pada akhirnya, mempertahankan tingkat hemoglobin dalam darah adalah sangat penting untuk kesehatan Anda, dan defisiensi atau kekurangan hb dapat memiliki efek yang tidak diinginkan.

Jadi, sangat perlu untuk menyeimbangkan jumlah yang diperlukan dari zat besi, folat, vitamin C dan B12 dalam diet Anda untuk tetap sehat.

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..