10 Nutrisi Makanan Terbaik Untuk Menambah Sel Darah Putih

10 Nutrisi Makanan Terbaik Untuk Menambah Sel Darah Putih

posted in: Info Kesehatan | 0

Leukopenia merupakan kondisi dimana kandungan leukosit sangat rendah dalam aliran darah .

Banyak penyakit atau keadaan tertentu yang  dapat menyebabkan produksi leukosit yang lebih rendah atau kerusakan sel darah putih, termasuk radiasi, kemoterapi, kanker, beberapa kondisi genetik, gangguan autoimun dan pengobatan tertentu.

Sangat penting untuk segera menangani leukopenia karena jika leukosit semakin rendah, tubuh akan menjadi rentan terhadap berbagai infeksi dan penyakit.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki leukopenia ialah dengan memperbaiki gizi dan nutrisi melalui makanan.

Secara umum, sebenarnya tidak ada makanan tertentu yang secara khusus dapat memperbaiki leukosit rendah. Namun, kita perlu mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko infeksi dan mengobati jumlah sel darah putih yang rendah.

Kita bisa meningkatkan darah putih secara alami yang pada gilirannya juga dapat meningkatkan keseluruhan sistem imun tubuh.

Dengan memastikan mengkonsumsi 10 makanan atau vitamin dan mineral di bawah ini dalam jumlah yang cukup seharusnya jumlah leukosit bisa kembali normal seperti biasanya.

Apa saja ke 10 makanan dan vitamin tersebut ?

Berikut ini kami telah merangkumnya untuk anda…

1. Vitamin E

Meskipun vitamin ini dampaknya tidak sebesar vitamin C, tapi vitamin E merupakan salah satu dari antioksidan paling penting dan juga pendukung sistem kekebalan tubuh.

Vitamin E secara alami menstimulasi produksi dari apa yang disebut dengan “sel pembunuh”. Yaitu sel yang dapat menemukan serta membasmi kuman dan sel kanker.

Vitamin E juga dapat meningkatkan produksi sel B, yang merupakan bagian dari imun tubuh yang membentuk antibodi untuk membunuh bakteri.

Tidak begitu sulit untuk mendapatkan 60 mg vitamin E dari makanan sehari-hari. Biji-bijian bisa memberi lebih dari yang anda butuhkan, tapi kebanyakan orang sangat sulit untuk konsisten memenuhinya setiap hari.

Mengkonsumsi suplemen Vitamin E adalah pilihan tepat bagi sebagian besar orang.

2. Zinc

Mineral yang sering tidak diperhitungkan ini sebenarnya memegang peran vital dalam produksi sel darah putih yang memerangi infeksi.

Zinc meningkatkan jumlah sel pembunuh dan membuat darah putih melepaskan lebih banyak antibodi dalam memerangi penyakit.

Sebuah studi menunjukkan bahwa suplemen Zinc tambahan dapat memperlambat pertumbuhan kanker dan juga melepaskan sejumlah sel T sebagai pemusnah infeksi.

Namun perlu diperhatikan asupan Zinc berlebihan nyatanya justru dapat menghambat kekebalan tubuh. Setidaknya tubuh memerlukan 15-25 mg zinc setiap harinya.

3. Selenium

Selenium dapat membantu produksi sel darah putih anda. Seperti penelitian oleh University of Maryland Medical Center bahwa selenium itu sendiri sebenarnya dapat membantu melawan infeksi.

Studi lain menunjukkan mereka yang  mengkonsumsi baik suplemen zinc maupun selenium, memiliki respon imun tubuh yang lebih baik.

4. Teh Hijau

Teh hijau tidak diragukan lagi adalah sumber antioksidan tinggi. Teh hijau mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau membunuh beberapa virus, yang pada akhirnya anda tidak akan kehilangan banyak sel darah putih untuk melawan virus itu sendiri.

Minum teh hijau dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan tubuh menciptakan lebih banyak sel darah putih.

5. Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin teratas yang akan memperbaiki sistem imun tubuh dalam sekejap.

Vitamin C dapat ditemukan secara alami dalam hampir semua buah-buahan dan dalam bentuk suplemen yang terjangkau.

Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih dan antibodi tubuh dalam melawan bakteri dan virus. Ini juga meningkatkan tingkat interferon, antibodi yang melapisi permukaan sel dan menghambat virus memasukinya.

6. Makan Lebih Banyak Yogurt

Orang yang mengkonsumsi probiotik tampak memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat daripada mereka yang tidak. Sehingga bisa dikatakan probiotik juga memiliki dampak baik untuk kekebalan tubuh.

Sumber probiotik yang paling umum  terdapat dalam yogurt.

7. Asam Lemak Omega 3

Omega 3 terbukti dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan fagosit . Fagosit adalah jenis sel darah putih yang benar-benar dapat memakan bakteri.

Asam lemak esensial juga melindungi tubuh dari kerusakan yang terjadi akibar reaksi berlebihan terhadap infeksi.

Ikan berlemak seperti salmon dan makarel merupakan sumber omega 3 paling baik.

8. Bawang Putih

Ada banyak alasan kenapa bawang putih sering digunakan dalam pengobatan alami. Salah satunya ialah karena dapat mempromosikan sistem imun tubuh yang lebih kuat.

Bawang putih meningkatkan kemampuan leukosit melawan infeksi dan menstimulasi sel imun lainnya. Sulfida dan alicin adalah senyawa sulfur pada bawang putih yang dapat meningkatkan sistem imun.

9. Vitamin A

Meningkatkan asupan kebutuhan viatamin A akan menambah jumlah limfosit darah  putih yang dapat membunuh zat asing yang masuk dan juga sel kanker.

Tubuh memang memproduksi sejumlah vitamin A, tapi menambahnya dengan mengkonsumsi suplemen vitamin A tambahan terbukti dapat meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh.

10. Karotenoid

Seperti jenis vitamin dan mineral lainnya, Beta-karoten dapat meningkatkan jumlah sel pembunuh alami. Jika dikombinasikan dengan antioksidan kuat yang membersihkan radikal bebas yang memicu kerusakan sel dan penuaan dini

Sumber betakaroten terdapat pada makanan seperti wortel, labu, ubi jalar oranye, bayam serta buah bit.

Nah, ternyata menaikkan leukosit darah secara alami tidaklah sulit bukan ?.

Semoga saja artikel ini bisa memberi solusi bagi masalah anda…

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..