Top 10 Makanan yang Bagus Untuk Kecerdasan Anak

posted in: Info Kesehatan | 0
Makanan yang Bagus Untuk Kecerdasan Anak
Makanan untuk otak anak

Bunda tahukah ?, apa yang anak makan memiliki dampak sangat besar pada proses perkembangan intelegensi serta kekuatan kognitifnya.

Para pakar peneliti nutrisi terus mengkaji setiap hari mengenai dampak makanan tertentu terhadap perkembangan tubuh terutama kecerdasan otak anak.

Faktanya, masa keemasan anak terjadi dalam dua tahap.

Pertama, ketika anak masih dalam kandungan hingga berusia 9 bulan. Pada masa ini perkembangan otak tergantung dari nutrisi yang ibunya makan.

Apabila nutrisinya tercukupi kemungkinan otak bayi juga akan berkembang baik. Namun, untuk membuktikannya perlu dilihat pada saat anak tersebut lahir.

Perkembangan bayi yang optimal bisa terdeteksi saat kelahiran, yang ditandai dengan memiliki berat badan normal, inisiasi menyusui dini dimana anak secara langsung mencari puting susu ibu, dan menangis saat setelah dilahirkan.

Masa keemasan yang kedua berlangsung sejak kelahiran sampai bayi berusia 2 tahun. Sejak kelahirannya, perkembangan otak anak hanya baru mencapai sekitar 60% saja, dan baru akan mencapai 80% pada saat usianya 2 tahun.

Memenuhi nutrisi makanan anak pada masa keemasan tahap kedua sangatlah penting. Tentunya ini adalah tugas orang tua untuk memastikan anaknya mengkonsumsi makanan kaya gizi dan nutrisi.

Nah, pertanyaannya adalah apa saja makanan yang bagus untuk kecerdasan anak ?

Tenang saja, berikut ini kami telah menyusun daftar makanan yang terbukti secara klinis dapat memaksimalkan kecerdasan otak anak.

1. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale sangat kaya akan asam folat dan juga vitamin yang terkait dengan perkembangan otak.

Tapi kemungkinan anak anda tidak akan menyukainya di awal. Tapi orang tua harus pandai menyiasatinya seperti dengan menambahkannya pada telur dadar yang digulung dengan selada dan tomat, atau dibuat sup.

2. Yogurt

Makanan permentasi satu ini adalah sumber vitamin B dan juga protein melimpah yang dapat meningkatkan fungsi serta perkembangan jaringan otak. Yogurt juga mengandung bakteri probiotik yang meningkatkan kesehatan pencernaan.

Campurkan yogurt dengan buah buahan beri adalah resep yang lezat untuk anak anda.

3. Telur

Telur tidak diragukan merupakan sumber protein yang baik, namun kuning telur juga mengandung kolin yang membantu perkembangan memori anak.

Telur adalah bahan makanan yang sebaguna dan bisa dimasak dengan berbagai cara. Tentunya tidak akan kesulitan untuk memberikan makanan berbahan telur untuk anka anda.

4. Ikan

Ikan juga digolongkan ke dalam makanan terbaik untuk perkembangan otak anak. Ikan seperti salmon, sarden dan tuna adalah sumber vitamin D dan omega 3 yang lengkap.

Kedua nutrisi ini bertanggung jawab melindungi otak dari kehilangan memori yang berhubungan dengan efek penuaan.

Selain itu, omega 3 juga bisa membantu memperkuat kekebalan rubuh anak anda.

5. Buah beri

Keluarge beri diperkaya dengan antioksidan yang penting untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada otak dan menjaga ingatan anak agar tetap kuat.

Lagi, beri-berian juga menyediakan vitamin C dalam dosis yang baik yang menjaga sistem imun anak.

Penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi ekstrak blueberi dan stroberi dapat meningkatkan ingatan. Namun untuk menfaat lebih baik lagi jika mengkonsumsi beri yang masih segar.

6. Kacang dan Biji-bijian

Baik kacang-kacangan maupun biji-bijian memberikan energi dari protein dan karbohidrat kompleks serta serat, termasuk juga banyak vitamin dan mineral.

Kacang merah mengandung lebih banyak omega 3 khususnya ALA, jenis omega 3 lainnya yang penting untuk perkembangan dan fungsi otak.

7. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang umum dan sangat bernutrisi untuk anak anda. Oatmeal menyediakan energi yang baik yang dibutuhkan otak anak pada pagi hari.

Diperkaya dengan serat yang dapat menjaga pembuluh darah otak sehingga nutrisi makanan tetap tersalurkan ke otak.

Lagi pula, oatmeal adalah sumber vitamin E, vitamin B, potassium, dan juga zinc yang membuat tubuh dan otak berfungsi maksimal.

8. Daging merah tanpa lemak

Zat besi adalah salah satu mineral yang membantu anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak merupakan satu dari yang terbaik sumber zat besi.

Faktanya, satu ons daging sapi perhari telah dibuktikan membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber lainnya.

Selain zat besi, daging sapi juga mengandung zinc atau seng yang membantu memperkuat daya ingat anak-anak.

Untuk memaksimalkan penyerapan zat besi dan juga zinc, jangan lupa memberikan anak makanan yang mengandung vitamin C juga.

9. Brokoli

Sangat tepat jika anda memberikan brokoli pada anak anda. Ini adalah salah satu makanan otak terbaik.

Brokoli mengandung vitamin K dan kolin yang membantu menajamkan ingatan. Brokoli juga kaya vitamin C, satu mangkuk brokoli menyediakan lebih dari kebutuhan tubuh perhari.

10. Alpukat

Buah alpukat adalah salah satu dari buah paling sehat. Meski buah ini memang tinggi lemak namun lemak baik yang dapat menjaga level gula darah dan membuat kulit lebih bercahaya.

Alpukat mengandung vitamin K dan juga folat, untuk mencegah plak pembuluh darah otak dan juga membantu meningkatkan fungsi kognitif khususnya memori dan konsentrasi.

Alpukat juga tinggi vitamin B dan C serta protein tertinggi namun dengan kadar gula paling rendah dibandingkan buah lainnya.

Memang penting untuk selalu mencukupi kebutuhan nutrisi anak supaya perkembangan tubuh maupun otaknya optimal.

Stimulasi dan Dukungan Orangtua Juga Penting

Seperti yang bisa Anda lihat, sangatlah mudah untuk mendapatkan makanan ini untuk pengembangan otak anak-anak. Melakukan hal itu akan memastikan kesehatan mentalnya dengan cara alami.

Namun, jika hanya mengandalkan makanan saja  tentu tidak serta merta dapat membuat kecerdasan anak meningkat begitu saja. Pada akhirnya, peran orangtua jugalah yang ikut menentukan, terutama dalam menyemangati anak untuk rajin belajar dan terus berlatih.

Disponsori oleh :

Leave a Reply