Nyeri Ulu Hati

Penyebab Nyeri Ulu Hati Dan Cara Mengobatinya

posted in: Info Kesehatan | 0

Nyeri ulu hati bukan hal yang asing dan merupakan gejala umum yang sering diderita masyarakat kita.

Tapi, tunggu dulu…

Dimana sebenarnya letak ulu hati itu ?

Ulu Hati
Ulu Hati

Ulu hati atau epigastrium sejatinya terletak di perut bagian tengah atas, tepatnya berada diantara kedua tulang rusuk kita.

Umumnya orang-orang mengalami nyeri epigastrik (ulu hati) saat mereka makan atau beberapa saat setelah makan. Gejalanya dapat bervariasi mulai dari ketidaknyamanan ringan sampai sensasi terbakar yang sangat menyakitkan.

Selain itu, nyeri epigastrik biasanya juga disertai banyak gejala pencernaan lainnya, termasuk konstipasi, diare, dan perut kembung.

Karena termasuk gejala yang cukup umum, rasanya akan sangat penting untuk mengetahui apa saja penyebabnya dan bagaimana cara pengobatannya yang benar.

Lebih lengkapnya kita akan membahasnya dalam artikel kali ini.

Apa Penyebab Utama Nyeri Ulu Hati ?

Nyeri ulu hati memiliki banyak kemungkinan penyebab dari penyakit ringan sampai yang serius, sehingga sangat sulit untuk menemukan penyebabnya tanpa pemeriksaan.

Oleh karenanya diperlukan pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahuinya secara pasti.

Dibawah ini kami telah merangkum setidaknya ada 10 penyebab nyeri ulu hati yang paling sering dialami kebanyakan orang.

1. Reflux Asam Lambung

Asam lambung naik adalah penyakit terbanyak yang menyebabkan nyeri pada bagian ulu hati.

Lemahnya cincin otot lambung menjadikan cairan lambung dan makanan naik kembali ke tenggorokan terutama saat posisi berbaring.

Refluks asam lambung atau GERD merupakan penyakit kronis yang membutuhkan pengobatan karena dapat memicu radang tenggorokan hingga kanker.

2. Gastritis / Radang Lambung

Gastritis terjadi ketika dinding lambung mengalami peradangan. Biasanya hanya sementara dan disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori.

Ketika cairan asam lambung mengenai dinding meradang tadi maka bisa memicu perih dan nyeri pada ulu hari. Radang lambung berkepanjangan bisa sangat serius dan menjadi Gastritis kronis.

3. Heartburn dan Gangguan Pencernaan

Sama seperti refliks asam lambung, gangguan pencernaan bisa terjadi ketika perut menghasilkan asam lambung berlebihan sehingga mengalir ke kerongkongan.

Hal ini bisa menyebabkan mulas serta rasa terbakar di dada. Namun nyeri heartburn juga sering kali menyebar ke ulu hati.

4. Kehamilan

Tak bisa dipungkiri kehamilan selain membawa kebahagiaan juga sering memicu berbagai masalah kesehatan, salah satunya yaitu nyeri ulu hati.

Wanita hamil cenderung mengalami tekanan lebih pada dinding perut mereka, dan tentu saja bisa memicu rasa nyeri.

Selain itu ketidakseimbangan hormon juga sering memicu masalah pencernaan yang  meneyebabkan refluks asam lambung.

5. Konsumsi Alkohol

Alkohol memang lebih banyak menimbulkan kerugian, salah satunya nyeri di ulu hati. Alkohol dapat mengiritasi dan merusak dinding perut dan memicu peradangan.

6. Makan Terlalu Banyak

Terlalu banyak makan bisa menyebabkan nyeri ulu hati. Sama halnya seperti yang terjadi pada wanita hamil, makan berlebihan bisa memberi tekanan pada dinding perut yang berujung pada gangguan pencernaan.

7. Intoleransi Terhadap Laktosa

Yaitu kondisi yang terjadi ketika tubuh tidak bisa mencerna laktosa secara benar, biasanya lebih banyak pada produk susu.

Gejala umum dari intoleransi laktosa ialah nyeri pada perut bagian atas. Selain itu, memiliki alergi terhadap makanan tertentu juga berpotensi memicu rasa sakit di ulu hati.

8. Kanker Perut & Pankreas

Penyebab yang berbahaya dari nyeri ulu hati ialah kanker perut begitu juga dengan kanker pankreas. Salah satu gejala khas dari kanker ini ialah munculnya rasa sakit atau nyeri secara tiba-tiba yang penyebabnya tidak jelas.

9. Batu Empedu & Infeksi Kantung Empedu

Ketika mengalami masalah pada kantung empedu, nyeri ulu hati juga kerap kali muncul sebagai gejalanya. Nyeri mungkin berasal dari perut sebelah kanan yang merambat sampai ke daerah ulu hati.

10. Penyakit Liver

Penyakit pada hati seperti hepatitis juga sering menyebabkan nyeri ulu hati. Hepatitis ialah peradangan pada hati biasanya karena infeksi virus.

Gejala lain dari hepatitis selain nyeri ulu hati yaitu kulit dan sklera mata yang berwarna kekuningan, nafsu makan menurun drastis,, mual, muntah dan juga lemas.

Gejala Lain Yang Menyertai

Nyeri ulu hati tidak hanya datang sendiri, namun biasanya juga diikuti oleh gejala lainnya. Tentu saja hal ini sangat berkaitan erat dengan penyebab tertentu.

Anda juga bisa mengalami banyak gejala pencernaan lainnya, seperti kembung, buang angin, konstipasi, diare, dan mual. Jika ini adalah kejadian satu kali biasanya hilang dengan sendirinya. Namun jika gejalanya muncul berulang berbarti memerlukan perawatan medis.

Gejala yang lebih berat lagi bisa meliputi penurunan berat badan dan muntah-muntah. Bila ini terjadi, bisa menjadi tanda kondisi yang lebih serius yang harus dievaluasi oleh dokter.

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa nyeri ulu hati ini tidak selalu terbatas pada perut bagian atas saja. Rasa sakit bisa menjalar ke dada, leher dan juga punggung.

Pengobatan Nyeri Ulu Hati

Pengobatan untuk nyeri ulu hati sangat tergantung sepenuhnya pada apa yang menyebabkannya.

Untuk rasa sakit yang timbul karena masalah ringan seperti makan berlebihan, konsumsi alkohol, atau  makanan tertentu, biasanya tidak perlu pengobatan.

Yang lebih diperlukan ialah pada  perubahan gaya hidup dengan menghentikan perilaku yang bia menyebabkan rasa sakit tersebut.

Namun untuk kondisi lebih serius, seperti penyakit atau kanker, penyebabnya harus diobati.

Saat ini, ada beberapa obat yang bisa mengurangi nyeri di ulu hati. Obat-obatan anti-inflamasi dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa nyeri jika penyebabnya adalah radang.

Sementara obat antasida dan perawatan lainnya dapat digunakan untuk mengurangi jumlah asam lambung berlebih.

Biasanya, setelah mendiagnosis penyebab pastinya, dokter akan meresepkan obat atau metode pengobatan tertentu untuk mengatasi nyeri ulu hati yang sesuai untuk anda.

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..