Gondongan (Mumps) : Penyebab, Gejala Dan Cara Mengobatinya

posted in: Pengobatan Herbal | 0
Gondongan
Gondongan

Gondongan atau disebut juga dengan Mumps adalah pembengkakan pada kelenjar parotid, yaitu kelenjar air liur yang terdapat di bawah telinga disamping wajah dan juga dibelakang telinga.

Penyakit ini kebanyakan penderitanya adalah anak-anak, namun meski begitu orang dewasa dengan kekebalan tubuh lemah juga bisa mengalami gondongan.

Gondongan sangat mudah dikenali karena memang gejalanya khas yaitu pembesaran pada salah satu atau kedua sisi wajah tergantung kelenjar mana yang membengkak.


Apa Penyebab Gondongan ?

Gondongan disebabkan oleh virus yang dikenal sebagai paramyxovirus. Virus ini merupakan sumber infeksi yang umum, terutama pada anak-anak.

Saat Anda terkena gondok, virus bergerak dari saluran pernapasan Anda (hidung, mulut dan tenggorokan) ke kelenjar parotid Anda (kelenjar penghasil air liur menemukan sisi wajah Anda).

Virus ini tidak akan langsung menimbulkan gejala tetapi akan mengalami masa inkubasi selama 14 – 25 hari. di mana ia mulai bereproduksi. Hal ini menyebabkan kelenjar membengkak.

Virus ini juga bisa memasuki cairan serebrospinal Anda (CSF), yang merupakan cairan yang mengelilingi dan melindungi otak dan tulang belakang Anda.

Begitu virus memasuki CSF, virus ini bisa menyebar ke bagian lain tubuh Anda, seperti otak, pankreas, testikel  laki-laki dan ovarium pada perempuan.


Gejala Penyakit Gondongan

Pembengkakan kelenjar parotid adalah gejala umum dari gondongan yang menyebabkan sisi wajah tampak membesar.

Kedua belah kelenjar biasanya akan mengalami pembengkakan meski hanya alah satunya saja yang terinfeksi. Dari kelenjar yang bengkak itu akan timbul rasa nyeri, kekakuan dan juga sulit menelan.

Sebelum mengalami pembengkakan kelenjar, biasanya akan muncul gejala-gejala awal yang bersifat umum seperti :

  • Sakit kepala
  • Nyeri pada persendian
  • Merasa sakit
  • Mulut kering
  • Sakit perut ringan
  • Merasa kelelahan
  • Tidak nafsu makan
  • Demam mencapai 38º C atau bahkan lebih

Apakah Gondongan Bisa Menular ?

Virus gondongan penyebarannya hampir mirip dengan virus flu, jadi dapat menular dengan mudah.

Penularannya bisa secara langsung ataupun tidak langsung yaitu melalui cara berikut :

  • Orang yang terinfeksi batuk atau bersin, percikan dari batuk dan bersin mungkin mengandung virus mumps, ketika terhirup oleh orang lain kemungkinan dia juga akan tertular. Virus mumps juga bisa menular lewat air liur penderitanya.
  • Orang yang terinfeksi virus menyentuh hidung atau mulut, kemudian memegang benda seperti pegangan pintu atau benda lainnya. Jika ada orang lain yang menyentuh benda tak lama setelah itu, mereka dapat tertular virusnya juga.
  • Pemakaian barang pribadi secara bersamaan seperti alat makan atau handuk dengan orang terinfeksi juga memungkinkan menjadi media penyebaran virus mumps.

Apakah Gondongan Berbahaya ?

Gondongan memang penyakit ringan. Namun jangan sepelekan penyakit ini sampai anda tak melakukan pengobatan apapun.

Faktanya meski jarang, gondongan ternyata dapat memicu sejumlah komplikasi ringan maupun serius jika tidak diobati.

Beberapa komplikasi yang bisa diderita antara lain :

  • Radang testis (orkitis)

Pada pria, salah satu komplikasi dari gondongan ialah orkitis yaitu peradangan pada testis sehingga salah satu testis mungkin akan mengalami pembesaran atau bengkak.

Dilaporkan 1 dari 10 pria salah satu testisnya menyusut akibat komplikasi dari gondongan.

Baja juga : Obat Radang Testis

  • Radang Indung Telur

Komplikasi fondongan pada wanita dapat meyebabkan radang pada indung telur.

1 dari 20 wanita yang terkena gondongan setelah masa puber dilaporkan mengalami radang pada indung telur dengan gejala seperti nyeri perut bagian bawah, demam tinggi dan merasa sakit.

Gejala ini biasanya muncul setelah tubuh membunuh virus penyebab mumps.

  • Meningitis

Meningitis karena virus mumps dapat terjadi jika virusnya telah menyebar ke selaput pelindung otak luar. Ini muncul kira-kira 1 dari 7 kasus gondongan.

Tidak seperti meningitis karena bakteri yang lebih berbahaya, meningitis virus menyebabkan gejala ringan seperti flu, dan resiko komplikasi lebih serius sangatlah rendah.

Lebih sensitif terhadap cahaya, kekakuan pada leher, dan sakit kepala adalah gejala umum dari meningitis virus. Biasanya akan membaik dalam 14 hari.

  • Pankreatitis

Sekitar 1 dari 20 kasus gondongan memicu peradangan singkat pada pankreas (pankreatitis akut).

Gejala yang paling umum yaitu nyeri tiba-tiba pada perut bagian tengah. Adapun gejala lainnya termasuk diare, kehilangan nafsu makan, demam tinggi, dan perut terasa keras.


Bagaimana Mencegah Gondongan ?

Umumnya gondongan dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi MMR. Kebanyakan balita dan anak-anak menerima vaksin untuk campak, mumps dan rubella di waktu yang sama.

Vaksin MMR juga sangat dianjurkan bagi mereka yang bekerja di lingkungan yang beresiko besar seperti sekolah atau rumah sakit.

Namun, bagi mereka yang mengalami masalah pada sistem imun, alergi terhadap gelatin dan neomisin atau yang sedang hamil tidak dianjurkan menerima vaksin MMR.

Cara pencegahan lain yang dapat dilakukan misalnya selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan serta hindari berbagi barang atau peralatan dengan orang lain.


Perawatan Untuk Gondongan

Perawatan ini bertujuan untuk mengurangi gejalanya sampai kekebalan tubuh dapat mengatasi infeksinya. Infeksi biasanya akan berlangsung antara satu hingga dua minggu.

Gondongan tidak akan terpengaruh dengan pemberian antibiotik, karena penyebabnya adalah virus, bukannya bakteri.

Dalam waktu tersebut, perawatan berikut mungkin akan membantu :

  • Perbanyak istirahat ketika badan mulai terasa lelah dan jangan dulu beraktifitas di luar rumah
  • Minum obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau parasetamol untuk mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman
  • Perbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi akibat demam. Hindari minuman yang asam karena bisa menimbulkan iritasi pada kelenjar liur
  • Kompres kelenjar yang bengkak dengan air hangat untuk menurunkan peradangan
  • Konsumsi makanan yang lembut dan tidak perlu dikunyah seperti sup atau bubur. Gondongan akan menyebabkan susah dan sakit saat mengunyah makanan.
  • Tutupi mulut dan hidung saat batuk atau bersin agar virusnya tidak menyebar di udara.

Jika ternyata gejalanya semakin memburuk dalam seminggu, sebaiknya segera hubungi dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut.


Obat Tradisional Untuk Gondongan Paling Ampuh

Jika anda telah mencoba berbagi pengobatan tapi gejala gondongan anda tidak kunjung juga menunjukkan tanda-tanda kesembuhan, alternatif pengobatan herbal patut menjadi pilihan, karena bahannya lebih aman.

Kami memiliki satu produk herbal yang sangat direkomendasikan untuk anda coba yaitu QnC Jelly Gamat yang memang telah banyak bukti kesembuhan dari banyak konsumen kami terutama yang bermasalah dengan infeksi.

QnC Jelly Gamat
QnC Jelly Gamat

Qnc Jelly Gamat terbuat dari bahan alani ekstrak teripang emas, diperkaya juga dengan bahan lainnya seperti ekstrak sayur dan buah, Air RO, serta pengemulsi nabati.

Kami jamin obat ini 100% bebas kimia dan pengawet sehingga sangat AMAN dikonsumsi dari anak-anak sampai orang tua.

Teripang emas memiliki beragam manfaat untuk pengobatan. Salah satu diantaranya ialah pereda infeksi. Hal ini terbukti dari banyaknya penelitian yang mengungkap bahwa teripang mengandung sejumlah zat alami seperti anti peradangan dan anti virus.

Anti peradangan membantu mengurangi rasa nyeri serta bengkak pada kelenjar liur, sedangkan anti virusnya akan membantu dalam penyembuhan dan memerangi virus penyebab gondongan.

Selain itu teripang emas juga kaya protein hewani yang mencapai 80%, protein ini membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Karena biasanya infeksi sangat gampang terjadi ketika kekebalan tubuh sedang lemah, minum ekstrak teripang QnC Jelly Gamat bisa meningkatkan kinerja sistem imun dalam membunuh virus dan bakteri. Biasanya dalam waktu satu minggu gondongan akan pulih dengan pengobatan teratur.


Aturan Minum QnC Jelly Gamat

Untuk dosis dan aturan minum jelly gamat yaitu :

  • Bayi dan anak-anak diminum 1 sendok makan 2-3 kali sehari
  • Dewasa diminum 2 sendok makan 2-3 kali sehari
  • Bisa diminum sebelum atau sesudah makan
  • tutup rapat dan simpan ditempat sejuk dan tidak terkena cahaya matahari lebih baik jika disimpan di kulkas

Apa QnC Jelly Gamat Aman ?

Kami berani menjamin obat ini sangat aman dikonsumsi segala usia karena terbuat dari 100% ekstrak herbal tanpa campuran kimia.

Selain itu jelly gamat juga obat resmi karena sudah terdaftar di Depkes dan BPOM RI. Tidak usah khawatir produk ini sudah bersertifikat HALAL dari MUI.

BPOM QNC


Obat Dikirim Dulu, Bayarnya Belakangan

Tidak perlu khawatir belanja pada kami, karena kami menerapkan layanan kirim barang dahulu dan pembayarannya bisa ditransfer nanti setelah obatnya anda terima.

Obat akan kami kirim melalui paket JNE diantar sampai ke alamat anda. Jika obatnya sudah anda terima, segera lakukan transfer pembayaran obatnya ke rekening kami.

Nomor rekening akan diinfokan lewat SMS pada saat konfirmasi pemesanan, bagi yang tidak memiliki rekening di bank, pembayarannya bisa lewat POS, alfamart atau Indomart, namun sebelumnya harus konfirmasi dulu kepada kami.

INGAT : Pembayarannya HARUS ditransfer, jangan berikan uang obatnya ke kurir yang mengantarkan barang kerena bukan petugas kami. Jika uang anda hilang kami tidak bertanggung jawab.


Promo Hari ini : Diskon Harga Sampai 100ribu…

Mau lebih MURAH ? , Bisa…

HANYA HARI INI….!!!! Ada diskon spesial bagi anda yang ingin mendapatkan QnC dengan harga yang lebih murah dan hemat, dengan syarat anda harus membeli obatnya minimal 4 botol atau lebih. Semakin banyak pembeliannya maka diskon yang kami berikan juga semakin besar.

Harga normal QnC Jelly Gamat perbotol adalah Rp. 155.000. Untuk detail harga diskon adalah sebagai berikut :

  • PESAN 1 sampai 3 botol tidak ada diskon, harga perbotolnya tetap 155rb
  • PESAN 4-8 botol ada diskon @Rp. 5000, harga setelah diskon jadi 150rb / botol
  • PESAN 9 botol ada diskon @Rp. 7000, harga setelah diskon jadi jadi 148rb / botol
  • PESAN 10 botol keatas ada diskon @Rp. 10.000 , harga setelah diskon jadi jadi 145rb / botol

#Harga diatas belum termasuk dengan ongkos kirim


Deskripsi Produk

  • Nama obat  : QnC Jelly Gamat
  • Kode obat  : NCGF (wajib dicantumkan saat pemesanan)
  • Legalitas produk   : BPOM TR 173301471 & HALAL
  • Harga Produk   : Rp. 155.000 / botol (belum termasuk ongkir)
  • Isi bersih          : 300 ml / botol
  • Komposisi : Ekstrak teripang emas, ekstrak sayur dan buah, pengemulsi nabati, stevia, air RO

 

Cara Pesan QnC Jelly Gamat

Jika anda ingin memesan QnC Jelly Gamat, silakan kirim pemesanan dengan cara

KETIK :

NCGF : Nama Lengkap : Alamat Lengkap : Jumlah Pesanan

kirim ke

SMS/ WA/ LINE 081912792273

BBM 5E3BBEE5

Contoh :

NCGF : Agustian Wijaya : Jl. cILOLOHAN No. 26, RT/RW 02/01, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya : 6 botol

kirim ke

SMS/ WA/ LINE 081912792273
BBM 5E3BBEE5


Pemesanan lebih cepat, KLIK salah satu tombol di bawah ini


Ketentuan Pemesanan

  • NCGF adalah kode produk QnC Jelly Gamat yang wajib disertakan dalam format pemesanan untuk mempercepat proses pengiriman barang
  • Obat dikirim lewat paket JNE keseluruh Indonesia dan dikenakan ongkir sesuai ketentuan JNE
  • Untuk daerah Tasikmalaya kami melayani jasa COD atau bayar ditempat
  • Pembayaran obat harus ditransfer maksimal sehari setelah barang diterima
  • Harap konfirmasi lewat SMS/ Telepon setelah melakukan transfer pembayaran agar tidak ada penagihan ulang.
  • Info lanjut bisa hubungi kontak kami 081912792273 / 081312931732

Nomor Rekening Pembayaran :

Bank BCA

No. Rekening : 2331791573

Atas Nama : Juhli

Bank BRI

No. Rekening : 4462 01 000975 50 8

Atas Nama : Juhli

Bank Mandiri

No. Rekening : 131 00 1094516 2

Atas Nama : Juhli

Bank BNI

No. Rekening : 319022173

Atas Nama : Juhli

 

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..