Penyebab Haid Tidak Teratur Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Haid Tidak Teratur Dan Cara Mengatasinya

posted in: Info Kesehatan | 0

Namanya wanita sudah pasti setiap bulannya akan kedatangan “tamu” yang rutin.

Ya, haid atau menstruasi merupakan sebuah siklus yang hanya wanita saja yang mengalaminya. Pada normalnya setiap sebulan sekali wanita akan memasuki periode menstruasi sehingga bisa dikatakan sebagai siklus teratur.

Akan tetapi faktanya banyak juga wanita yang mengalami masalah dengan siklus haidnya yang tidak teratur.

Tidak teratur disini bisa dikatakan tidak pasti waktunya, terkadang masa haid datang lebih awal kemudian bulan berikutnya datangnya malah lambat atau bahkan tidak haid sama sekali.

Kondisi tersebut pastinya bukan hal yang normal, sehingga harus dicaritahu apa sebabnya.

Dalam artikel ini kami sudah merangkum berbagai penyebab haid tidak teratur dan pengobatan yang bisa dilakukan agar haid bisa lancar setiap bulannya.

Semoga bisa memberi manfaat ya..

Definisi Haid Tidak Teratur

Menstruasi adalah terjadinya peluruhan dinding endometrium yang keluar dalam bentuk darah. Pada masa subur dinding rahim akan mengalami penebalan sebagai tempat untuk perkembangan sel telur yang sudah dibuahi sperma.

Namun jika tidak terjadi pembuahan maka dinding rahim yang menebal akan luruh dengan sendirinya, itulah yang dinamakan dengan haid.

Wanita yang memiliki siklus normal biasanya akan mengalami haid setelah 28-35 hari setelah haid yang terakhir. Itu berarti tiap tahunnya wanita akan mengalami 11-13 kali masa haid tergantung pada berapa lamanya waktu haid.

Sedangkan siklus haid yang tidak teratur bisa dikatakan jika siklusnya kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Siklus haid tidak teratur juga biasanya  mengalami perbedaan volume darah yang keluar.

Bisa saja pada bulan ini darah yang keluar sangat banyak akan tetapi pada bulan berikutnya darah keluar sangat sedikit. Hal ini jugalah yang menjadikan haid tidak lancar.

Penyebab Haid Tidak Teratur

Haid yang tidak lancar sering terjadi pada beberapa tahun pertama Anda mulai menstruasi. Menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur tersebut disebabkan oleh hormon yang belum seimbang. Karena biasanya memasuki masa pubertas akan terjadi perubahan pada produksi hormon wanita.

Tapi jika haid tidak teratur juga terjadi pada siklus berikutnya berturut-turut, ini bisa disebabkan oleh hal-hal yang lain.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang sering menjadi penyebab haid tidak teratur pada wanita :

  • Kehamilan

Hal yang pertama penyebab haid tidak teratur adalah kehamilan. Meskipun siklus tidak lancar tapi wanita masih bisa berovulasi. Sebaiknya cek menggunakan tes kehamilan atau USG. Namun jika ternyata tidak ada kehamilan maka perlu ada tinjauan lebih lanjut tentang kesehatan anda.

  • Kontrasepsi

Beberapa alat kontrasepsi bisa menyebabkan efek samping pada tidak teraturnya haid seorang wanita. Seperti misalnya jika menggunakan KB Spiral (IUD) atau pil Kb biasanya akan menimbulkan flek darah diantara siklus menstruasi.

IUD dapat menyebabkan darah yang keluar pada saat haid cenderung lebih banyak dan juga nyeri pada saat haid. Begitupun dengan penggunaan pil KB pada awalnya darah yang keluar akan sedikit dan waktu haidnya sebentar dari waktu normal. Namun seiring waktu dalam beberapa bulan akan menghilang.

  • Gaya Hidup dan Lingkungan

Gaya hidup dan faktor lingkungan dapat berdampak pada periode menstruasi Anda, juga. Seperti dikutip dari www.NHS.uk, setidaknya ada 3 faktor yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang berakibat pada kacaunya siklus haid.

Pertama, yaitu tingkat stress yang tinggi. Stress menyebabkan meningkatnya hormon kortisol dan mempengaruhi kerja hipotalamus yang salah satunya mengatur hormon pengatur menstruasi.

Kedua, penurunan berat badan atau gangguan pola makan seperti anorexia dan bulimia juga bisa mempengaruhi siklus haid.

Yang terakhir yaitu aktifitas  berlebihan seperti olahraga berat atau bekerja tanpa beristirahat, faktanya kondisi ini bisa mempengaruhi proses ovulasi.

  • Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)

PCOS terjadi karena tumbuhnya kista-kista kecil pada ovarium atau indung telur wanita.

Gejala umum dari PCOS adalah periode menstruasi yang singkat atau bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali. Ini karena pada wanita yang menderita PCOS tidak terjadi proses ovulasi (pelepasan sel telur) yang normal.

Selain itu juga PCOS cenderung mengalami hormon tida seimbang, dimana produksi hormon testosteron menjadi meningkat. Testosteron merupakan hormon pria, dan wanita biasanya memproduksi sedikit hormon ini.

  • Gangguan Tiroid

Meski ini jarang menjadi penyebab tidak teraturnya haid wanita, tapi masih mungkin terjadi. Kelenjar tiroid terletak di leher, fungsinya untuk memproduksi hormon untuk metabolisme tubuh. Ketika terjadi gangguan pada kelenjar ini terkadang dapat menyebabkan haid tidak teratur.

Namun, diperlukan pemeriksaan darah untuk mengetahui apakah produksi hormon ini berlebihan atau tidak.

  • Masalah Pada Organ Kandungan

Paling umum seperti kista atau miom yang berakibat pada siklus haid. Miom dan kista menyebabkan haid tidak teratur dan juga pendarahan diluar periode haid.

Yang membahayakan ialah karena baik kista maupun miom bisa mengalami pembesaran dan mengganggu organ lain. Oleh sebab itu sebaiknya segera periksa ke dokter jika mengalami haid tidak teratur dan pendarahan diluar masa haid.

Baca Juga : Macam-macam Keputihan dan Gejalanya

  • Perimenopause

Yaitu ketika wanita akan memasuki masa menopause dan ini merupakan proses normal.  Hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang, dimana ketidakseimbangan progesteron menyebabkan menstruasi berlangsung secara tidak teratur dan bisa berlangsung lebih panjang ataupun lebih pendek waktunya.

Resep Herbal Untuk Melancarkan Haid

Jika anda mengalami haid tidak lancar atau tidak teratur, beberapa resep herbal di bawah ini mungkin bisa membantu meringankan gejalanya

  1. Jahe. Jahe sangat bermanfaat untuk mengatur siklus haid maupun mengurangi sakit saat haid. minum air rebusan jahe 3 kali sehari dipercaya bisa melancarkan haid
  2. Kayu manis. Sering digunakan untuk menghilangkan kram saat menstruasi. Cukup tambahkan kayu manis pada susu atau teh dan minum teratur selama beberapa minggu.
  3. Lidah buaya. Membantu mengobati keteraturan haid dan juga menyeimbangkan hormon tubuh. Campurkan daging lidah buaya dengan satu sendok madu dikonsumsi sebelum masuk masa haid. Perhatikan, jangan dikonsumsi saat masa haid.
  4. Kunyit. Sering digunakan untuk meredakan nyeri saat haid, namun juga bisa untuk merangsang aliran menstruasi. Campurkan satu sendok teh kunyit dengan susu, gula merah atau madu dan minum selama beberapa minggu atau sampai merasa ada perubahan pada mestruasi anda.
  5. Daun mint. Kombinasi daun mint kering dan madu berfungsi sebagai obat Ayurvedic baik untuk periode menstruasi yang tidak teratur. Hal ini juga membantu meringankan kram menstruasi. Satu sendok teh mint dicampur dengan satu sendok teh madu,minum 3 kali sehari selama beberapa minggu.
  6. Jus wortel. Jus wortel adalah obat sederhana untuk  menstruasi yang tidak teratur. Wortel mentah juga meningkatkan fungsi hormon yang tepat. Minum segelas jus wortel secara teratur selama tiga bulan. Anda dapat menggabungkan dengan jus sayuran lain juga . Hal ini diyakini bahwa minum jus ini untuk satu atau dua minggu sebelum periode Anda diharapkan dapat membantu melancarkan haid.

Nah, selain beberapa tanaman obat di atas, jika ingin lebih praktis lagi tanpa harus meracik sendiri, anda bisa mencoba obat herbal rekomendasi dari kami, informasi lebih lengkapnya silakan  baca Obat Tradisional Agar Haid Teratur Tiap Bulan.

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..