Bukan Mitos, Ini Penyebab Mata Kedutan Terus Secara Medis

Bukan Mitos, Ini Penyebab Mata Kedutan Terus Secara Medis

posted in: Info Kesehatan | 0

Mata kedutan menurut mitos diartikan sebagai pertanda hal baik atau buruk akan terjadi dan anggapan itu nyatanya masih hidup sampai sekarang. Yang menarik adalah bagaimana sebenarnya kedutan jika dipandang dari sudut medis ?

Mitos seputar mata kedutan masih cukup populer di jaman yang sudah semakin maju ini. Memang yang namanya mitos meski belum sepenuhnya terbukti kebenarannya tapi ibarat sudah menjadi sebuah kepercayaan yang didapat turun temurun.

Memang sah-sah saja mau percaya ataupun tidak. Tapi faktanya mengenai penyebab mata kedutan ternyata ada penjelasannya secara medis.

Penasarankan ?

Yuk, silakan disimak saja ya..semoga bermanfaat.

Fakta Medis Tentang Mata Kedutan

Mata kedutan adalah hal yang umum terjadi dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Biasanya hanya kelopak mata bagian bawah yang sering kedutan tapi kelopak mata atas juga terkadang sama .

Mata kedutan disebabkan oleh pergerakan sel saraf yang tidak bisa dikontrol yang memicu kontraksi pada otot mata. Kebanyakan terjadi secara tiba-tiba tanpa kita sadari dan hilang dengan sendirinya.

Kedutan terjadi karena serabut saraf di dalam otak mengalami kontraksi sesaat. Denyutan pembuluh darah tiba-tiba seperti mengalami rangsangan (kontraksi) yang membangkitkan aliran listrik melalui nervus facialis yang membuat mata kejang sesaat.

Mata kedutan yang berlangsung selama beberapa detik atau menit kemudian menghilang merupakan gejala yang normal dan tidak serius.

Namun ada kasus kedutan yang bisa berlangsung berminggu-minggu bahkan sampai berbulan-bulan. Yang satu ini pastinya tidak lagi bisa dikatakan normal dan ada kondisi serius yang mengancam kesehatan anda.

Seperti dikutif dari www.allaboutvision.com setidaknya ada 7 penyebab kenapa kedutan dimata tidak hilang selama berhari-hari.

Setelah mengetahui penyebabnya anda bisa mengambil langkah untuk mengatasinya, sehingga kemungkinan kerusakan mata dikemudian hari bisa dicegah.

Ini dia penyebabnya…

  • Stress

Coba pikirkan apakah anda mengalami stress yang lebih tinggi dari biasanya ?. Ketika kita berada dalam keadaan stres, tubuh kita akan bereaksi dengan cara berbeda.

Kedutan di mata bisa menjadi salahsatu gejala stress terutama berhubungan dengan mata yang tegang.

Seperti yang dikatakan Dr. Monica L. Monica, M.D., juru bicara American Academy of Ophthalmology, bahwa stress adalah penyebab utama dari kedutan di mata.

Stress akan melepas hormon dalam tubuh yang memicu kontraksi otot termasuk otot kelopak mata. Gejala yang mungkin mengganggu anda ialah kedutan tanpa henti atau anda memiliki gangguan tidur.

Baca juga : Tangan Sering Kesemutan, Apa Sebabnya ?

  • Mata lelah

Apakah tidur anda cukup, atau anda begadang semalaman membaca novel atau menatap monitor komputer anda ?. Itu mungkin menjadi alasan kenapa mata anda komplain dengen mendutkan kelopak mata.

Sangat masuk akal jika kelelahan disebutkan jadi penyebab mata kedutan. Coba saja bayangkan efek kelelahan pada otot-otot yang lain pada tubuh. Anda mungkin mengalami kaku  pada otot tangan atau kaki jika beraktifitas berat.

Sama halnya dengan mata, untuk melihat dengan fokus mata akan bekerja dengan keras. Semakin kita mencoba fokus, semakin besar kemungkinan mata mengalami kelelahan.

  • Mata Kering

Bagi mereka yang lebih banyak menghabiskan waktu di depan monitor mata kering adalah musuh terbesarnya.

Para ahli menemukan bahwa menatap layar monitor lebih dari 7 jam per hari dapat mengurangi kemampuan alami mata untuk lubrikasi sehingga mengakibatkan mata kering.

Ketika mata terlalu kering secara tidak sadar anda akan mengedip-ngedipkan mata untuk menjaga mata tetap lembab. Setelah beberapa saat, kedipan memicu saraf dan otak untuk membuat mata terus berkedut lebih sering.

Gunakan tetes mata Anda lebih sering bisa membantu, istirahatkan mata dari layar setidaknya sekali setiap 20 menit, dan rencanakan pertemuan dengan dokter mata Anda.

  • Alergi

Kita semua tahu bahwa alergi dapat menyebabkan mata gatal, kering dan berair. Krena gatalnya tanpa sengaja kita akan menggosok atau mengucek mata yang justru malah akan memperparah alergi.

Ketika mata dikucek, saat itu pula mata mengeluarkan histamin ke selaput mata dan juga air mata. Penelitian menemukan bukti bahwa pengeluaran histamin oleh mata dapat memicu kontraksi otot  disekitar mata yang berujung pada kedutan.

  • Nutrisi Tubuh Tidak Seimbang

Ada 2 macam kemungkinan. Pertama, pastikan anda sudah cukup minum air. Karena meski dehidrasi ringan pun bisa mengakibatkan mata kering dan memicu kedutan.

Kedua, anda mungkin kekurangan vitamin B, terutama vitamin B12 yang dapat mempengaruhi otot dan saraf. Bahan makanan seperti ikan, daging unggas, daging merah, telur dan olahan susu merupakan sumber vitamin B12.

  • Kafein & Alkohol

Terlalu banyak minum kafein memicu kedutan dimata. Peneliti dari Universitas York menemukan kafein akan merangsang pengeluaran serotonin dan noradrenaline – senyawa kimia yang  menstimulasi saraf memicu ketegangan otot kelopak mata.

Tidak berbeda jauh dengan kafein konsumsi terlalu banyak alkohol juga dipercaya menjadi penyebab mata kedutan yang terus menerus.

  • Blepharospasm

Lebih banyak menimpa wanita daripada pria. Penyakit ini dikatakan sebagai akibat dari kesalahan sinyal otak ke saraf mata. Apabila tidak ditangani, blepharospasm akan menyebabkan gangguan penglihatan, mata lebih sensitif terhadap cahaya dan kebutaan fungsional , karena kelopak mata tidak dapat membuka.

Blepharospasm merupakan kejang otot mata kronis yang terkadang juga bisa menimbulkan komplikasi kejang atau kaku pada otot-otot wajah seperti mulut.

Kapan Kedutan di Mata Memerlukan Penanganan Serius dari Dokter ?

Kedutan di mata umumnya ringan dan tidak butuh penanganan khusus. Meski begitu tidak menutup kemungkinan kedutan mata kronis bisa menjadi gejala penyakit serius.

Anda mungkin memerlukan tindakan dokter ketika mengalami kedutan mata kronis  yang disertai gejala-gejala seperti berikut :

  • Mata anda merah, bengkak, dan mengalami debit yang tidak biasa
  • Kelopak mata atas terlihat menurun kebawah
  • Kelopak mata tertutup penuh ketika terjadi kedutan
  • Kedutan berlangsung berhari-hari bahkan sampai beberapa minggu
  • Kedutan mulai menjalar ke bagian wajah yang lain

Tips Menghilangkan Kedutan di Mata Secara Alami

Kedutan biasanya hilang sendiri tanpa perlu diobati. Namun jika kasusnya terjadi terus menerus dan membuat anda merasa terganggu karenanya, dibawah ini kami memiliki tips sederhana yang bisa dicoba untuk mengatasi mata kedutan sendiri tanpa harus ke dokter.

  • Kompres panas dan dingin. Karena kedutan biasanya disebabkan kontraksi otot, kompres bisa menjadi alternatif untuk merelaksasi otot mata. Kompreslah mata dengan air hangat selama 5-10 menit., kemudian bisa dikombinasikan dengan kompres dingin.
  • Memijat mata. Anda juga dapat memijat titik akupunktur pada Anda sendiri. Cukup tekan jari Anda pada alis Anda dan pijat dengan gerakan memutar selama beberapa menit untuk membantu mengendurkan otot-otot. Kemudian pindah ke luar mata Anda, di bawah mata, dan di bagian dalam sudut. Lakukan dengan lembut.
  • Kurangi stress. Lakukan hal yang menyenangkan untuk menghilangkan stress seperti bersantai, berjalan-jalan atau bahkan berlibur bersama teman dan keluarga.Selain untuk mata tentunya juga bagus untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.
  • Kurangi konsumsi kafein seperti pada kopi atau minuman ringan dan juga alkohol sementara waktu
  • Cukup istirahat. Jika anda mencurigai kelelahan adalah penyebab dari mata kedutan, tidur lebih awal bisa membuat tubuh kembali segar pada pagi harinya dan otot menjadi rileks.
  • Rubah gaya hidup dan juga pola makan, sebisa mungkin cukupi kebutuhan nutrisi tubuh setiap hari dengan konsumsi makan yang bergizi.

Nah, bagaimana..sekarang sudah tahukan kenapa mata bisa kedutan, semoga informasi ini bisa bermanfaat ya..

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..