Penyebab Sakit Maag Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sakit Maag Dan Cara Mengatasinya

posted in: Info Kesehatan | 0

Sakit Maag, pastinya semua orang mengetahui tentang penyakit ini. Bahkan bisa dikatakan penyakit ini merupakan penyakit umum yang diderita oleh masyarakat khususnya di Indonesia, dari mulai anak-anak sampai dewasa bahkan orang tua.

Tapi apakah kita sudah mengetahui kenapa sih sakit maag bisa terjadi?. Admin yakin sebagian besar belum mengetahui penyebab sakit maag tersebut. Sehingga banyak diantaranya yang mengabaikan pola hidup serta makanan yang dikonsumsinya juga tidak dijaga. Akibatnya sakit maag seringkali kambuh dan lama kelamaan akan semakin parah bahkan menjadi kronis.

Untuk itulah pada artikel kali ini kita akan sama-sama membicarakan tentang apa penyebab sakit maag itu dan juga bagaimana caranya agar sakit maag tidak sering kambuh. Tapi sebelum pada penyebabnya langsung, akan lebih baik jika kita mengetahui dulu apa itu sakit maag sendiri.

Apa Itu Sakit Maag ?

Maag sering diidentikkan dengan peradangan atau iritasi pada lapisan lambung baik yang terjadi secara tiba-tiba (akut) maupun secara bertahap (kronis). Iritasi biasanya diakibatkan karena adanya infeksi atau karena reaksi bahan kimia seperti efek samping obat atau karena konsumsi alkohol berlebihan. Dari iritasi tersebut memicu perlukaan pada lambung yang akan terasa perih saat bersentuhan dengan cairan asam dari lambung.

Sakit maag atau disebut juga dengan Gastritis menimbulkan sekumpulan  gejala yang meliputi perut perih, kembung, rasa mual dan juga sering bersendawa. Meski sakit maag ini biasanya ringan dan dapat diatasi, namun pada beberapa kasus ternyata sakit maag juga dapat memicu luka parah dan meningkatkan resiko kanker perut.

Penyebab Sakit Maag

normalnya lambung akan memproduksi asam lambung yang berguna untuk mencerna makanan dan juga membunuh kuman yang masuk bersama makanan. Asam lambung ini sifatnya keras dan merusak. Sehingga permukaan lambung butuh perlindungan.

Untuk menetralisir asam lambung ini sel-sel dalam lambung alaminya akan memproduksi mukosa,semacam lendir yang berfungsi melindungi dinding lambung dan juga usus halus dari cairan asam tersebut. Normalnya, akan terjadi keseimbangan antara produksi cairan asam  dan juga produksi lendir dalam lambung. Nah, awal mula sakit maag ini terjadi ketika ada gangguan pada produksi salah satu atau kedua cairan lambung tersebut.

Apa sajakah yang menyebabkan ketidakseimbangan itu ?

1. Infeksi Bakteri

hpylori-gut-mdInfeksi bakteri merupakan penyebab tersering penyakit maag, dimana 8 dari 10 kasus maag disebabkan oleh bakteri. Helicobacter pylori adalah jenis bakteri berbentuk spiral yang menjadi penyebabnya. Sekali terinfeksi oleh bakteri ini maka infeksinya dapat bertahan seumur hidup kecuali jika diobati. Itulah sebabnya kenapa sakit maag tidak boleh dibiarkan begitu saja.

Bahaya dari bakteri ini ialah ketika sistem kekebalan melemah dapat merusak dinding lambung dan menghancurkan lapisan lendirnya, akibatnya cairan asam lambung dapat menembus dan bersentuhan langsung dengan lambung sehingga muncul rasa perih atau nyeri lambung. Saat itulah kamu terkena sakit maag.

2. Pengaruh obat kimia

medsObat obatan tertentu seperti jenis antibiotik atau antinyeri juga berpengaruh pada produksi lapisan lendir pada lambung. Obat obatan jenis ini akan menghambat produksi hormon prostaglandin yang memiliki fungsi untuk memperkuat lapisan mukosa lambung agar tidak ditembus oleh asam lambung.Sekitar 2 dari 10 kasus sakit maag disebabkan hal ini.

3. Stress

job-stressHal ini jarang disadari, padahal nyatanya stress juga mempengaruhi sakit maag. Oarang yang stress biasanya akan lebih sensitif terhadap rasa nyeri. Sehingga meskipun produksi asam lambung dan lapisan lendir normal-normal saja, pada orang yang sedang stress akan terasa sakit. Alasan lainnya, stress juga menurunkan produksi prostaglandin.

4. Kecanduan Alkohol

drug-and-alcohol-addictionKecanduan alkohol jangka panjang bisa menyebabkan iritasi pada dinding lambung dan membuat lapisan lendir menipis yang mana membuat lambung akan semakin teriritasi oleh cairan asam. Alkohol lebih sering menyebabkan sakit maag akut.

5. Usia

old-man-1208210_960_720Semakin tua usia maka kemampuan fungsi lambung akan menurun termasuk pada produksi lendir untuk melindungi dinding dari cairan asam. Selain itu karena orang tua resiko terkena infeksi akan lebih besar.

6.Rokok

why-you-should-quit-smoking-key-statsRokok tidak hanya dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin tetapi juga mujarab menimbulkan sakit maag karena tembakau (bahan dasar rokok) juga bisa memicu meningkatnya produksi asam lambung. Jika kamu suka merokok, sebaiknya hentikan mulai sekarang.

7. Pola Makan & konsumsi Makanan Pedas dan Asam

chili-peppersPola makan yang salah seperti makan tidak teratur atau sering terlambat makan dapat memicu sakit maag. Selain itu, beberapa jenis makanan bisa menyebabkan peningkatan produksi asam lambung contohnya seperti makanan pedas dan juga asam. Akibat tingginya asam lambung tersebut akan mengikis lapisan pelindung atau mukosa lambung yang menyebabkan iritasi. Selain makanan pedas dan asam , makanan berlemak, bersantan dan minuman berkafein seperti kopi juga dapat memperburuk gejala sakit maag atau perut perih.

Gejala Sakit Maag

Sakit maag terkadang tidak selalu menimbulkan gejala, namun jika timbul gejala maka akan tampak seperti berikut :

  • Nyeri, perih atau rasa terbakar pada perut bagian atas. Nyeri bisa membaik ataupun memburuk terutama setelah makan
  • Perut terasa kembung dan begah
  • Mual dan bahkan muntah
  • Kehilangan nafsu makan secara tiba-tiba
  • Muntah darah terjadi pada maag kronis terutama saat luka lambung meluas dan sudah parah
  • Anemia akibat pendarahan di lambung
  • Maag yang tidak diobati juga bisa menyebabkan kebocoran lambung/ lambung bolong

Bagaimana Agar Maag Tidak Sering Kambuh ?

Satu-satunya cara yang paling tepat sebagai pencegahan agar sakit maag tidak kambuh yaitu dengan cara menghindari penyebabnya serta merubah pola hidup dan makanan yang dikonsumsi.

Berikut adalah beberapa tips agar sakit mah tidak kambuh,

  • Porsi makan sedikit tapi lebih sering. Jika sering mengalami maag kambuh terutama setelah makan, coba kurangi porsinya menjadi lebih sedikit tapi makan lebih sering. Ini bertujuan agar lambung memproduksi asam sesedikit mungkin.
  • Hindari makanan yang dapat memicu asam lambung naik dan mengiritasi perut seperti makanan pedas, asam, makanan yang digoreng dan makanan berlemak
  • Hentikan minum alkohol jika terbiasa meminumnya, alakohol dapat mengikis lapisan mukosa lambung secara perlahan
  • Mengelola stress. Stress sendiri dapat memperburuk gejala sakit maag. Mengelola stress memang sulit tapi bisa dicoba dengan melakukan hal yang menyenagkan seperti meditasi atau yoga.
  • Batasi konsumsi obat-obatan jika anda rutin minum obat antibiotik. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk saran terbaik.

Baca Juga : Cara Mengatasi Asam Lambung Tinggi
Itulah pembahasan tentang penyebab sakit maag, gejala serta cara mengatasinya. Jika artikel ini bermanfaat , tolong bantu share ya..

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..