Penyebab Sering Lupa Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Sering Lupa Dan Cara Mengatasinya

posted in: Info Kesehatan | 0

Seperti kata pepatah, “manusia itu tempatnya lupa”. Memang benar adanya, tapi jika lupanya keseringan apa masih bisa dikatakan normal ?.

Terkadang kita lupa apa yang baru saja akan kita lakukan, setelah berpikir beberapa saat kita baru mengingatnya lagi. Pasti sering kan mengalami yang seperti itu, kan ?, dan parahnya lagi kebanyakan usianya rata-rata masih muda.

Sering lupa atau mudah lupa bisa terjadi akibat gangguan pada memori, salah satunya karena Short Term Memory Syndrome atau sindrom lupa jangka pendek dan ini banyak sekali dialami oleh anak muda, alasannya karena gaya hidup dan tentu saja makanan yang dikonsumsi.

Sindrom ini berbeda dengan pikun dan amnesia karena hanya terjadi secara singkat dan kemudian ingat lagi. Sindrom ini juga sering dianggap gejala biasa padahal sebenarnya bisa saja ini pencetus kepikunan dini.

Apa penyebab Sering Lupa ?

Mudah lupa di usia muda bisa disebabkan berbagai faktor yang mempengaruhinya, dan beberapa penyebab dibawah ini mungkin saja kamu mengalaminya.

Obat – obatan

Jika kamu sering mengkonsumsi obat obatan secara rutin, sebaiknya juga diperhatikan karena beberapa jenis obat ternyata dapat mempengaruhi memori otak dan kemampuan mengingat. Sejeumlah obat obatan tersebut diantaranya antidepresan, antihistamin, obat anti-kecemasan, relaksan otot, obat penenang, obat tidur, dan obat sakit diberikan setelah operasi juga berpengaruh terhadap memori otak.

Alkohol dan Narkotika

Sudah sangat jelas dampak buruk dari alkohol dan juga narkoba ialah merusak sel-sel otak sehingga membuat volume otak menyusut. Tentu saja ini berdampak besar pada kemampuan daya ingat seseorang. Zat-zat yang terkandung dalam alkohol akan mempengaruhi komunikasi antar sel dalam otak sehingga informasi tidak diproses dengan baik.

Kecanduan Rokok

Sama halnya seperti alkohol, zat-zat kimia dalam rokok juga menghambat penyerapan oksigen dalam darah. Untuk menjalankan fungsinya otak membutuhkan asupan oksigen yang cukup. Tapi karena rokok tadi, sel-sel otak tidak mendapatkan oksigen sebagaimana mestinya. Jadi, tidak heran jika anda masih muda tapi sering lupa

Kurang Tidur

Sudah menjadi “trade mark” anak muda suka begadang sampai pagi. Padahal nyatanya kekurangan tidur juga termasuk penyebab sering lupa diusia muda. Tubuh memerlukan istirahan yang cukup, begitu juga dengan otak. Dan waktu terbaik untuk mengistirahatkan otak adalah malam hari. Bayangkan saja sebuah mesin yang bekerja tanpa ada jeda, lama kelamaan cepat rusak. Begitu pula yang terjadi pada otak Anda.

Stress dan Depresi

Ada hubungannya juga dengan kurang tidur, karena biasanya ketika sedang banyak pikiran akan susah untuk tidur. Stress dan depresi juga dapat menghilangkan konsentrasi serta menurunnya daya ingat seseorang

Kurang Gizi

Selain oksigen dan istirahat yang cukup, otak juga butuh nutrisi. Sempatkan sarapan pagi dengan gizi cukup meski kamu sangat sibuk, atau bila perlu bawa bekal untuk sarapan sendiri. Sarapan pagi nyatanya sangat penting untuk menutrisi otak kamu seharian penuh. Jarang sarapan pagi, jangan salahkan jika kamu jadi sering lupa.

Peredaran Darah Otak Tidak Lancar

Biasanya karena ada sumbatan atau karena pembuluh darah menyempit. Hal ini juga sangat beresiko memicu serangan stroke jika tidak segera diatasi.

Cedera Kepala

Mungkin kamu pernah jatuh, kecelakaan atau apapun yang menimpa kepala sehingga berpengaruh pada otak. Selain kecelakaan, pukulan juga menyebabkan kehilangan memori jangka pendek.

Malas Berpikir

Ibarat roda, jika kurang dilumasi pasti akan macet dan berkarat. Semakin sering otak dilatih untuk berfikir dan mengingat sesuatu maka akan semakin tajam daya ingat kita. Jadi jangan malas berpikir selagi masih muda kalau tidak, menjadi pelupa adalah mimpi buruk kamu.

Itulah beberapa penyebab kenapa kamu sering sekali lupa padahal masih cukup muda. Jika sering lupa kerap kali mengganggu bahkan mengacaukan aktifitas kamu, tidak perlu khawatir, ikuti beberapa tips dibawah ini untuk mengatasi sering lupa yang kamu alami

Tips Ampuh Agar Tidak Sering Lupa Dan Cepat Pikun

Bagi kamu yang sering sekali kelupaan sesuatu, cobalah lakukan tips dibawah ini, mudah-mudahan bisa membantu

  1. Jadilah pribadi yang terorganisasi. Hal ini sangat baik untuk menghindari kelupaan sesuatu. Kamu bisa membuat daftar atau list apa yang akan  dilakukan setiap harinya sedetil mungkin. Atau kamu juga bisa menyimpan barang-barang kamu di tempat tertentu yang mudah terlihat oleh mata.
  2. Rutin berolah raga. Olahraga terbukti dapat melancarkan peredaran darah terutama ke otak dan ini baik juga untuk penyerapan oksigen oleh otak. Selain itu olah raga juga bisa menjadi alternatif relaksasi dan menghindari stress
  3. Konsumsi makanan bergizi. Ini sangat penting sekali untuk kinerja otak dalam memproses memori. Makanan seperti buah blueberry, buah bit, bawang merah, brokoli dan pisang. Makanan-makanan tersebut sangat baik untuk menurtisi otak kamu agar tidak cepat pikun atau sering lupa.
  4. Istirahat yang cukup, sebagi mana otak perlu nutrisi, otak juga butuh diistirahatkan. Bagaimanapun otak memiliki kemampuan terbatas dan tidak bisa bekerja terus terusan. Hindarai begadang dan tidurlah sekiranya 6-7 jam per hari untuk menjaga fungsi otak kamu
  5. Melatih otak. Ada banyak cara untuk melatih otak yang menyenangkan seperti misalnya berdiskusi bersama teman kamu atau yang paling sederhana dengan mengisi teka-teki silang untuk mengasah kemampuan otak. Cara tersebut cukup efektif untuk mencegah sering lupa diusia muda.

Baca Juga : Macam-Macam Keputihan Dan Gejalanya

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..