Tanda-Tanda Luka Caesar Sudah Sembuh dan Kering

Tanda-Tanda Luka Caesar Sudah Sembuh dan Kering

posted in: Info Kesehatan | 0

Selesai menjalani operasi sesar pastinya akan membuat anda lega karena melihat si kecil sudah terlahir ke dunia.

Namun anda juga mungkin akan menghadapi berbagai resiko lainnya seperti bekas luka jahitan yang lebih lama sembuhnya.

Belum lagi luka tersebut sangat rentan terjadi infeksi jika tidak dirawat denga baik yang justru malah semakin memperlama waktu penyembuhan.

Luka sesar berbeda dengan luka operasi pada umumnya karena lukanya tidak hanya dipermukaan saja tapi juga sampai pada otot perut dan rahim. Inilah yang membuat penyembuhan lebih lama.

Jika biasanya luka kulit luar akan sembuh dalam 3-5 hari tapi untuk luka sesar bisa memakan waktu 4 sampai 6 minggu. Itupun anda masih harus membatasi kegiatan yang cukup berat. Sedang waktu pemulihan totalnya rata-rata 12 minggu sampai anda bebas beraktifitas.

Waktu penyembuhan akan bervariasi karenai banyak faktor yang mempengaruhinya, sedangkan tiap individu pasti memiliki kondisi tubuh yang berbeda.

Tahap-Tahap Penyembuhan Luka

Proses penyebuhan luka tidak terjadi begitu saja dan melewati berbagai fase dan tahapan.

Setidaknya luka akan mengalami 4 fase dalam proses penyembuhannya, yaitu :

1. Fase Hemostatis 

Tahap pertama penyembuhan luka adalah fase hemostatis dimana keping darah atau platetet akan berkumpul disekitar luka dan menimbulkan pembekuan darah. Ini terjadi untuk menghentikan pendarahan pada luka.

Tahap ini berlangsung cepat dengan mempersempit pembuluh darah sehingga darah yang keluar melalui luka akan terhenti.

2. Fase Inflamasi

 Peradangan atau inflamasi adalah bagian alami dari proses penyembuhan luka.

Peradangan mengendalikan perdarahan dan mencegah infeksi. Cairan yang muncul saat peradangan memungkinkan penyembuhan dan perbaikan sel untuk berpindah ke lokasi luka.

Selama fase inflamasi, sel yang rusak, patogen, dan bakteri dikeluarkan dari area luka. Sel darah putih, faktor pertumbuhan sel, nutrisi dan enzim akan menimbulkan pembengkakan, panas, rasa sakit dan kemerahan yang biasa terlihat pada tahap penyembuhan ini.

3. Fase Poliferasi

Fase ini adalah awal dari pembentukan sel dan jaringan yang baru untuk menggantikan sel lama yang rusak akibat luka. Diperlukan nutrisi dan oksigen lebih untuk proses regenerasi karena tubuh akan bekerja lebih keras menumbuhkan jaringan baru.

Pada akhir tahap penyembuhan luka secara proliferatif, Sel epitel akan memperbaiki cedera, tapi penting untuk diingat bahwa epitelisasi terjadi lebih cepat bila luka tetap lembab dan terhidrasi.

4. Fase Maturasi atau Remodelling

Maturasi atau remodelling adalah tahapan terakhir dimana luka sudah tertutup sempurna. Fase ini melibatkan pemodelan ulang kolagen dari tipe III menjadi tipe I.

Aktivitas seluler berkurang dan jumlah pembuluh darah di daerah perlukaan mengalami pengurangan dan penurunan.

Ciri-Ciri Luka Sesar Yang Mulai Sembuh

Ciri-ciri luka yang penyembuhannya termasuk normal adalh ketika mengalami tahap pembengkakan yang ditandai dengan warna kulit yang lebih gelap dari area sekitarnya.

Tidak perlu khawatir karena ini adalah proses yang alami selama tidak muncul tanda-tanda infeksi seperti rasa sakit yang semakin parah diikuti dengan demam dan akumulasi nanah pada luka.

Pada saat ini, Anda harus benar-benar merawat luka bekas jahitan caesar dengan menjaga kebersihan dan kelembaban, karena luka akan cepat sembuh jika tetap lembab.

Ciri penyembuhan lainnya ialah terlihat pada bekas jahitan caesar yang mulai menyusut,  biasanya luka sesar memiliki panjang sekitar 10-15 cm dengan lebar 0,3 cm, dan seiring waktu akan lebih mengecil selama proses penyembuhan sekitar 6 minggu. Tentu saja diikuti dengan berkurangnya rasa sakit pada luka.

Seperti luka lainnya luka sesar juga akan menimbulkan bekas jika sudah kering. Warna bekas jahitan  lama-kelamaan akan memudar seperti warna kulit disekitarnya. Ini merupakan tanda jahitan caesar sudah berangsur sembuh.

Akan tetapi selama proses penyembuhan, Anda mungkin akan mengalami gatal pada luka. Rasa gatal muncul karena saraf di daerah bekas jahitan terganggu dan ini adalah reaksi normal.

Diusahakan sebaiknya jangan menggaruk luka saat terasa gatal, ini justru dapat membuatnya semakin buruk dan rentan menjadi infeksi.

Anda bisa mengoleskan krim pereda gatal di sekitar bekas luka tadi untuk mengurangi rasa gatalnya. Atau, Anda juga bisa mengompres daerah yang gatal dengan es batu yang dibungkus handuk tipis selama 5-10 menit.

Kenapa Luka Sesar Tidak Kunjung Sembuh ?

Tanda Luka Caesar Sudah Sembuh
Infeksi Pada Jahitan Caesar

Kemungkinan infeksi sangat besar pada luka pasca sesar, terutama dengan penanganan luka yang buruk.

Infeksi bisa terjadi di tempat sayatan atau di perut itu sendiri. Invasi infeksi bisa segera terjadi setelah kelahiran atau pada fase pemulihan yang menyebabkan luka lebih lama sembuh.

Infeksi dapat terjadi karena berbagai penyebab, meskipun kurangnya menjaga kebersihan  adalah salah satu yang paling memprihatinkan.

Wanita yang menderita diabetes, komplikasi kehamilan seperti tekanan darah tinggi, penyakit autoimun, dan lain-lain juga beresiko tinggi terkena infeksi pada luka sesar mereka.

Hubungi dokter Anda segera untuk mendapatkan saran atau mencari perawatan medis jika Anda memiliki gejala-gejala berikut ini, karena bisa menjadi pertanda infeksi ;

  • Nyeri perut yang parah
  • Kemerahan di tempat sayatan
  • Bengkak dan bernanah keluar dari luka
  • Rasa sakit di lokasi sayatan yang tidak hilang atau memburuk
  • Demam lebih tinggi dari 39 ºC
  • Buang air kecil yang menyakitkan
  • Keputihan berbau busuk
  • Nyeri kaki atau bengkak

Cara Mencegah Infeksi Pada Luka Sesar

Beberapa infeksi berada di luar kendali Anda. Jika Anda memiliki luka sesar, Anda bisa melakukan beberapa langkah untuk mengurangi kemungkinan terkena infeksi. Berikut adalah beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan:

  • Ikuti petunjuk perawatan luka dan petunjuk pengobatan pasca operasi yang diberikan oleh dokter atau perawat Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi dokter Anda.
  • Jika Anda telah diberi antibiotik, jangan melewatkan dosis atau berhenti menggunakannya sampai Anda selesai menjalani seluruh perawatan.
  • Bersihkan luka Anda dan ganti pembalut luka secara teratur.
  • Jangan memakai pakaian ketat atau mengoleskan lotion pada luka.
  • Cobalah untuk menghindari lipatan kulit yang memungkinkan untuk menutupi dan menyentuh area insisi.
  • Carilah perawatan medis untuk luka yang mengeluarkan nanah, membengkak, lebih menyakitkan, atau menunjukkan kemerahan pada kulit yang menyebar dari tempat sayatan.

 

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..