Telapak Tangan Berkeringat Dan Dingin, Sakit Jantungkah?

Telapak Tangan Berkeringat Dan Dingin, Sakit Jantungkah?

posted in: Info Kesehatan | 0

Mungkin sering mendengar cerita kalau telapak tangan sering berkeringat itu ciri-ciri penyakit jantung lemah ?

Anggapan ini memang banyak dipercaya masyarakat hingga tak jarang memicu rasa khawatir bagi yang mengalaminya.

Tapi…

Apa benar faktanya seperti itu ? ataukah cuma mitos yang tak terbukti..

Untuk menjawab rasa penasaran dan juga menepis anggapan yang salah tersebut, mari kita bahas saja dalam artikel kali ini.

Kenapa Kita Berkeringat ?

Keringat merupakan salah satu bentuk sekresi tubuh untuk mengeluarkan kelebihan cairan ataupun cara mendinginkan tubuh dari panas.

Memang pada umumnya kita berkeringat ketika udara disekitar terasa panas atau habis melakukan olahraga.

Ketika kondisi lingkungan sekitar dirasa terlalu panas, secara alami tubuh akan menjaga suhu tubuh tetap stabil, yaitu dengan mengeluarkan keringat tadi.

Permasalahannya ialah pada beberapa orang  terkadang keringat juga keluar meski cuaca atau lingkungan sedang tidak panas terutama dibagian tangan dan kaki. Hal ini tentu saja menimbulkan pertanyaan atau prasangka bahwa kita mengidap penyakit tertentu.

Dalam dunia kedokteran keringat berlebihan disebut dengan Hiperhidrosis yang umum terjadi pada bagian tertentu tubuh seperti wajah, telapak tangan, kaki serta ketiak.

Kita akan bahas secara spesifik mengenai keringat berlebihan di tangan saja.

Apa Penyebab Telapak Tangan Sering Berkeringat ?

Keringat berlebihan di telapak tangan sering disebut dengan Palmar Hyperhidrosis. 

Kondisi ini memang dirasa cukup mengganggu terutama pada situasi tertentu seperti dapat memberi dampak negatif pada kehidupan sosial, pendidikan, dan karir Anda.

Bayangkan saja ketika anda bertemu rekan kerja maupun klien ada, biasanya diawali dengan berjabat tangan sedangkan tangan anda begitu berkeringat. Apa yang anda rasakan ?

Memang sepertinya hal sangat sepele tapi pastinya dapat menurunkan rasa percaya diri anda. Berdasarkan data penelitian kondisi seperti ini diperkirakan mempengaruhi sekitar 1-2% dari populasi penduduk dunia.

Memang penyebab keringat berlebihan di tangan masih menjadi perdebatan dikalangan para peneliti medis. Namun sejumlah faktor diduga kuat menjadi pencetus kondisi ini diantaranya :

  • Faktor Keturunan

Pengaruh paling besar menurut para peneliti berasal dari riwayat keluarga atau keturunan. Ini artinya seseorang yang memiliki anggota keluarga dengan kondisi keringat berlebihan kemungkinan besar juga akan mengalami hal yang sama.

  • Saraf Simpatis terlalu aktif

Saraf yang terlalu aktif dapat memicu kelenjar keringat untuk memproduksi keringat dalam jumlah banyak.

Sistem saraf simpatik mengatur segala macam fungsi tubuh yang membentuk respon tertentu termasuk pelepasan sejumlah bahan kimia seperti adrenalin, meningkatkan denyut jantung, konstriksi pembuluh darah, dan tentu saja produksi keringat.

  • Pengaruh Psikologis

Terkadang keringat berlebih muncul berhubungan dengan emosi tertentu seperti perasaan cemas berlebihan, gugup, marah serta rasa takut. Ini bukan merupakan gejala penyakit dan tidak membahayakan

  • Hipertiroidisme

Penyebab lain yang menyebabkan keringat berlebih yaitu akibat kelebihan hormon tiroid. Namun, kelebihan tiroid biasanya mengakibatkan seluruh tubuh berkeringat dan  juga seringkali diikuti oleh gejala lain seperti detak jantung yang cepat atau tidak beraturan, sering gugup dan cemas.

Telapak Tangan Berkeringat VS Penyakit Jantung

Tangan berkeringat dihubungkan dengan penyakit jantung memang ada benarnya tapi tidak sepenuhnya benar.

Mengapa demikian ?

Tidak tepat rasanya jika mendeteksi sebuah penyakit hanya berdasar pada salah satu gejalanya saja.

Seperti diketahui bahwa gejala penyakit jantung itu sangat banyak termasuk salah satunya adalah tangan berkeringat dingin.

Memompa darah melalui arteri yang tersumbat membutuhkan lebih banyak usaha dari jantung, sehingga tubuh akan berkeringat lebih banyak untuk mencegah suhu tubuh turun.

Jika Anda mengalami keringat dingin atau kulit yang lembap meski cuaca tidak panas atau anda tidak beraktifitas apapun, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

Namun bukan berarti setiap orang yang mengalami tangan berkeringat langsung divonis mengalami sakit jantung.

Setidaknya harus ada beberapa gejala pendukung untuk memperkuat diagnosanya. Orang yang memiliki penyakit jantung biasanya juga akan mengalami gejala lain seperti :

  • Nyeri dada dan sesak nafas terutama saat aktivitas
  • Jantung berdebar-debar tak beraturan
  • Mengalami pembengkakan pada kaki
  • Mudah lelah meski tidak beraktifitas
  • Gangguan nafsu makan

Selain gejala pendukung tadi, mendeteksi penyakit jantung juga bisa dilihat dari ada atau tidaknya faktor resiko semisal riwayat sakit jantung dari keluarga, kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, kencing manis, kolesterol tinggi. dan lain-lain.

Disisi lain, gejala penyakit jantung juga memiliki kemiripan dengan gejala Hipertiroidisme yaitu dapat menyebabkan irama jantung lebih cepat, sehingga mungkin inilah yang sering dianggap sebagai penyakit jantung.

Kesimpulannya, menentukan suatu penyakit tidak cukup hanya dengan melihat gejalanya saja, karena kenyataannya banyak sekali gejala-gejala yang mirip atara penyakit satu dengan lainnya.

Akan lebih baik jika mendapati gejala aneh pada tubuh anda dan dirasa sangat mengganggu, segeralah konsultasikan dengan dokter untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan medis maupun serangkaian tes menggunakan peralatan pendukung untuk mengetahui penyebab pastinya.

Kapan Pengobatan Diperlukan ?

Jika pada kasusnya tangan berkeringat dirasa sangat mengganggu, Anda bisa memutuskan untuk melakukan pengobatan.

Biasanya dokter akan merekomendasikan pengobatan yang sesuai untuk anda berdasarkan konsultasi yang sudah anda lakukan.

Pengobatan yang paling umum untuk kondisi ini ialah :

  • Antiprespirant / deodoran yang diresepkan dokter, tidak sama dengan yang dijual bebas dipasaran
  • Obat obatan tertentu untuk menghambat produksi keringat berlebihan
  • Injeksi botox, bertujuan untuk menghalangi kerja saraf keringat
  • Operasi bedah, jika pengobatan lain tidak berhasil

Selain pengobatan medis, ada hal-hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah keringat berlebihan di tangan yaitu :

  • Cuci tangan anda karena keringat tidak akan kering sendiri setelah itu keringkan dengan menggunakan handuk atau kain yang menyerap keringat. Jangan memakai sabun karena dapat membuat kulit tangan kering.
  • Bawalah sapu tangan atau tisu yang dapat menyerap keringat berlebihan saat diperlukan
  • Hindari menggunakan sarung tangan atau benda apapun yang dapat memicu keluarnya keringat
  • Jika keringat muncul pada saat anda cemas, gugup maupun stress sebaiknya tenangkan pikiran anda tarik nafas yang dalam dan keluarkan perlahan.
  • Jika keringat juga muncul pada kaki, hindari menggunakan  kaos kaki atau sepatu terus menerus sepanjang hari.

Ada pertanyaan ? Silakan tulis komentar..