7 Tumbuhan Agar Haid Lancar Dan Keluar Banyak

agar haid lancar dan keluar banyak
Jahe, salah satu tumbuhan pelancar haid

Haid tidak teratur memang menjadi masalah bagi kebanyakan wanita. Bahkan tak jarang membuat lelah dan stress.

Haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti penurunan berat badan yang drastis, penyakit tertentu, gangguan nafsu makan, hormon tidak seimbang, gaya hidup dan penyebab lainnya.

Meski hal ini tidak bisa dihindarkan, namun bukan berarti tidak ada cara untuk mengatasinya. Kamu bisa memanfaatkan tumbuhan maupun rempah-rempah yang bisa membantu melancarkan haid secara alami.

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa membuat haid kembali lancar

1. Jahe

Jahe terkenal mampu membuat haid lebih teratur sekaligus mengatasi keram. Minum jahe dalam bentuk jus dikatakan sebagai obat rumahan yang baik untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur.

Yang perlu kamu lakukan adalah merebus 1 sdm jahe, campur dengan gula dan air dan minum campuran itu tiga kali sehari setelah setiap makan.

2. Pepaya mentah

Pepaya mentah dapat membantu kontraksi otot dalam rahim sehingga mampu mengatur aliran menstruasi.

Namun pepaya mentah harus dikonsumsi secara teratur selama beberapa bulan sebelum haid agar manfaatnya dapat dirasakan. Sangat tidak disarankan mengkonsumsi pepaya mentah saat haid.

3. Biji jintan

Rendam 2 sendok jintan dalam air dan simpan semalaman dan minum keesokan paginya.

Selain itu, jintan sarat dengan manfaat kesehatan lainnya seperti meningkatkan pencernaan, mempromosikan penurunan berat badan, membantu mencegah kanker usus besar dan lainnya.

4. Kayu manis

Kayu manis adalah rempah-rempah yang memberikan efek hangat bagi tubuh Anda serta membantu mengatur periode dan menyeimbangkan hormon.

Selain itu juga membantu meringankan nyeri haid / kram. Anda dapat mencampur bubuk kayu manis dalam susu atau memasukkannya ke dalam resep makanan Anda.

5. Kunyit

Kunyit dikatakan sebagai agen pemanasan yang baik, juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang membantu meredakan menstruasi yang tidak teratur.

Untuk memperoleh manfaatnya, campurkan kunyit dalam susu hangat dan konsumsi setiap malam secara teratur.

6. Wortel

Salah satu cara paling sederhana dan efektif untuk menghilangkan menstruasi yang tidak teratur adalah dengan memasukkan wortel ke dalam makanan Anda. Anda selalu dapat memiliki wortel dalam bentuk jus, sup atau salad.

7. Biji wijen

Biji wijen menghasilkan panas dan membantu mengatur aliran darah haid. Kamu dapat mengkonsumsi biji wijen dua kali sehari yaitu merendamnya dengan air panas atau bisa juga menggorengnya dan mengkonsumsinya 2-3 kali sehari.

Ke tujuh tumbuhan tersebut memang dikatakan dapat membantu masalah haid yang tidak teratur, namun untuk hasilnya akan mengalami perbedaan pada setiap orang.

Selalu gunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

You May Also Like

About the Author: Delherbal.com

Agen obat herbal terpercaya dan sudah berjalan selama lebih dari 6 tahun dalam penjualan obat herbal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *