Manfaat Daun Salam Selain Penyedap Masakan & Efek Sampingnya

manfaat daun salam
Daun Salam

Bagi ibu-ibu yang suka memasak, daun salam pastinya bukan hal yang  asing. Daun ini dikenal bisa menambah harum pada masakan sehingga siapapun yang mencium baunya pasti akan merasa lapar.

Tapi tahukah, daun salam tidak semata bermanfaat untuk masakan saja tapi juga mempunyai khasiat lain yang tidak terduga, khususnya untuk kesehatan tubuh kita.

Daun salam selain memiliki aroma yang wangi, ternyata mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh dan diantaranya berguna untuk pengobatan beberapa penyakit.

Nah, dalam artikel kali ini Kami akan menginformasikan beberapa manfaat daun salam untuk pengobatan tradisional.

1. Melancarkan Pencernaan

Daun salam memiliki efek yang kuat untuk sistem pencernaan. Lebih jauhnya senyawa organik yang ditemukan dalam daun salam sangat efektif untuk mengatasi sakit perut, meringankan infeksi usus, dan mengurangi penyakit Celiac.

Protein kompleks dalam makanan biasanya lebih sulit dicerna, tapi enzim unik dalam daun salam membantu mempercepat pencernaan dan penyerapan nutrisi.

2. Menyembuhkan Masalah Pernafasan

Minyak esensial daun salam dapat digunakan untuk dibalurkan pada bagian dada untuk mengurangi beberapa masalah pernafasan. JIka tidak ada minyak daun salam, kita juga bisa membuat ramuan dari daun salam dengan minyak. Balurkan ke dada selama semalaman. Menghirup aromanya sama saja dengan efek aroma terapi yang dapat meluruhkan dahak membuang bakteri berbahaya yang terjebak dalam saluran nafas.

3. Menurunkan Pembengkakan

Satu dari manfaat daun salam yang paling penting adalah kemampuannya dalam mengurangi bengkak pada tubuh. Daunnya memiliki fitonutrien yang disebut parthenolide yang dapat mengurangi bengkak dan iritasi dengan cepat ketika terapkan pada area yang bengkak, misalnya pada area persendian yang terkena asam urat atau rematik. Selain dengan ditempelkan pada bengkak, daun salam juga bisa dikonsumsi dengan minum air rebusannya.

Disarankan : Walatra Sehat Sendi

4. Merawat Jantung

Caffeic acid dan rutin merupakan senyawa organik penting yang ditemukan dalam daun salam dan bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Rutin memperkuat dinding kapiler jantung serta kapiler pada saraf ekstrimitas, sedangkan caffeic acid dapat menurunkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Kombinasi yang unik dari antioksidan dan unsur organik dalam daun salam seperti fitonutrien, catechin, linalool, dan parthenolode, membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang dapat membuat sel yang sehat bermutasi  menjadi sel kanker. Dan daun salam secara efekstif dapat mencegah aktifitas tersebut.

6. Mengurangi Kecemasan Dan Stress

Linalool sering dihubungkan dengan thyme dan kemangi, tapi kandungan ini juga hadir pada daun salam yang dapat membantu menurunkan gejala kecemasan dan tingkat hormon stres, khususnya ketika digunakan untuk aroma terapi.

Kelebihan hormon stres bisa membahayakan untuk kesehatan jangka panjang. Jadi Daun salam bisa membuat tetap santai dan tenang meskipun saat kondisi kecemasan sangat tinggi.

7. Mengontrol Diabetes

Daun salam secara langsung dihubungkan dengan peningkatan reseptor insulin dan juga menyeimbangkan kadar gula darah. Untuk mereka yang yang memiliki resiko menderita diabetes atau mereka yang sudah menderita penyakit ini, konsumsi daun salam secara rutin secara signifikan terbukti dapat menurunkan gejala diabetes

Efek Samping Daun Salam

  • Daun salam ataupun ekstraknya seperti minyak atau air rebusannya biasanya aman digunakan dalam jumlah tertentu. Namun apabila dimakan secara keseluruhan mungkin tidak aman karena daunnya tidak bisa dicerna sehingga dapat membahayakan.
  • Belum ada cukup bukti daun salam aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui, sehingga anda mungkin perlu untuk meminta saran pada dokter atau tenaga medis terpercaya
  • JIka anda akan menjalani operasi dalam waktu dekat, penggunaan daun salam juga harus dihentikan 2 minggu sebelumnya karena dapat mengganggu sistem saraf pusat. Ini akan berpengaruh pada efek bius yang bekerja lebih lambat saat operasi.

Sumber :

  1. Bay Leaf: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-685/bay-leaf
  2. 17 Best Benefits Of Bay Leaf. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-bay-leaf-for-skin-hair-and-health/#gref
  3. Top 8 Benefits Of Bay Leaves. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/bay-leaves.html
  4. Apa itu daun salam?. https://hellosehat.com/herbal/manfaat-daun-salam-adalah/

You May Also Like

About the Author: Delherbal.com

Agen obat herbal terpercaya dan sudah berjalan selama lebih dari 6 tahun dalam penjualan obat herbal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *